AS Minta Hubungan Perdagangan yang Adil

Angga Bratadharma    •    Kamis, 07 Dec 2017 11:01 WIB
perdagangan bebasekonomi amerikaekonomi dunia
AS Minta Hubungan Perdagangan yang Adil
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (FOTO: AFP)

Washington: Duta Besar Amerika Serikat untuk Tiongkok telah membela sikap Presiden AS Donald Trump terhadap negara Asia selama kunjungannya baru-baru ini, di tengah kecaman bahwa Presiden AS terlalu lunak terhadap ketidakseimbangan perdagangan antara kedua negara adidaya tersebut.

"Saya akan mengatakan bahwa diskusi tersebut jujur ??dan chemistry antara Presiden sangat baik," kata Duta Besar AS Terry Branstad, seperti dilansir CNBC, Kamis, 7 Desember 2017, meskipun dia mengakui masih ada ketidakseimbangan perdagangan.

Ia menambahkan, AS menginginkan hubungan perdagangan timbal balik yang adil dan belum adil untuk waktu yang lama dan Presiden mengangkat isu tersebut. "Saya pikir orang Tiongkok sedikit terkejut karena Presiden ini langsung mengatakannya, bagaimana dia mendekati itu tapi kami juga melihat beberapa kesepakatan signifikan yang tercapai," tuturnya.

Komentar Branstad merujuk pada kunjungan Trump ke Tiongkok pada November saat kunjungan pertamanya ke Asia sebagai Presiden AS. Kunjungan tersebut dianggap berhasil dengan 37 kesepakatan besar yang ditandatangani antara perusahaan Tiongkok dengan AS, yang berjumlah lebih dari USD250 miliar.

Caterpillar, Boeing, dan Goldman Sachs termasuk di antara perusahaan yang membuat kesepakatan dengan negara tersebut. Diharapkan kerja sama yang dilakukan ini membawa keuntungan bagi masing-masing pihak di masa yang akan datang.

Sekretaris Perdagangan AS Wilbur Ross mengatakan bahwa kesepakatan tersebut dapat memberikan landasan yang kokoh untuk hubungan yang lebih kuat yang lebih bebas, adil, dan timbal balik antara AS dan Tiongkok.

 


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA