Kesepakatan OPEC Angkat Harga Minyak ke USD63/Barel

Ade Hapsari Lestarini    •    Sabtu, 02 Dec 2017 10:15 WIB
minyak mentah
Kesepakatan OPEC Angkat Harga Minyak ke USD63/Barel
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/M Adimaja)

New York: Harga minyak menguat pada perdagangan Jumat, sehari setelah Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen minyak non-OPEC memutuskan untuk memperpanjang pengurangan produksi selama sembilan bulan tambahan.

Melansir Xinhua, Sabtu, 2 Desember 2017, pada pertemuan tingkat menteri OPEC dan non-OPEC Rabu, 24 negara sepakat untuk mempertahankan produksi sekitar 1,8 juta barel per hari (bpd) sampai 31 Desember 2018.

Pertemuan tersebut juga memutuskan untuk menambahkan sebuah ketentuan untuk meninjau pengurangan produksi berdasarkan fundamental pasar pada pertemuan OPEC 2018 pada Juni.

Beberapa analis khawatir kenaikan harga minyak bisa memicu pengeboran lebih banyak di Amerika Serikat, yang bukan merupakan kesepakatan.

Menurut laporan mingguan Baker Post yang dirilis pada Jumat, jumlah rig yang beroperasi di ladang minyak AS meningkat sebesar dua menjadi total 749 rig minggu ini, mencatat tingkat tertinggi sejak September.

West Texas Intermediate untuk pengiriman Januari naik 96 sen AS menjadi USD58,36 per barel di New York Mercantile Exchange, sementara minyak mentah Brent untuk pengiriman Februari bertambah USD1,10 menjadi USD63,73 per barel di London ICE Futures Exchange.


(AHL)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA