Bursa Saham Asia Bergerak Mixed

Angga Bratadharma    •    Jumat, 19 May 2017 10:45 WIB
bursa saham asia
Bursa Saham Asia Bergerak <i>Mixed</i>
Ilustrasi (REUTERS/Toru Hanai)

Metrotvnews.com, Singapura: Bursa saham Asia bergerak mixed di perdagangan Jumat dan dolar Amerika Serikat (USD) bertahan menguat karena data ekonomi yang kuat. Namun investor berhati-hati karena ketidakpastian dari Presiden Donald Trump setelah ada laporan bahwa dia mencoba memengaruhi penyelidikan federal.

Indeks MSCI terluas di Asia-Pasifik di luar Jepang tergelincir 0,2 persen, berada di jalur untuk kerugian mingguan 0,5 persen. Sedangkan Nikkei Jepang hampir 0,1 persen lebih tinggi, menuju penurunan 1,6 persen dalam sepekan. Indeks emerging market MSCI memperpanjang kerugian sebesar 0,2 persen.

Indeks ini mencatat penutupan terendah dalam dua minggu pada Kamis, terseret oleh penurunan 8,8 persen saham Brasil. Salah satu faktor penurunan ini karena adanya sebuah laporan bahwa Presiden Michel Temer mendukung upaya membayar saksi potensial untuk tetap diam dalam penyelidikan korupsi terbesar di negara itu.

"Kami gelisah dan investor benar-benar khawatir. Apapun hasilnya (investigasi), orang merasa yakin memiliki hasil yang tidak bias dan akurat," kata Kepala Investasi OakBrook Investments LLC Janna Sampson, seperti dikutip dari Reuters, Jumat 19 Mei 2017.

Pada perdagangan Kamis waktu setempat, Wall Street melambung kembali dari aksi jual terburuknya selama lebih dari delapan bulan, mengambil momen dari pengangkatan mantan pemimpin FBI Robert Mueller untuk menyelidiki dugaan campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden dan kemungkinan adanya kolusi antara kampanye Presiden Donald Trump dan Moskow.

Investor akan menyaksikan dengan fokus baru kesaksian minggu depan ke Senat oleh mantan Direktur FBI James Comey. Penembakan Cometh oleh Trump minggu lalu memicu badai politik dan memuncak pada Rabu di Departemen Kehakiman, sebuah penunjukan penasihat khusus untuk menyelidiki kemungkinan hubungan antara Rusia dan kampanye Presiden Trump di 2016.

 


(ABD)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

6 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA