Ekonomi Turki Tumbuh 5,2% di Kuartal II

Ade Hapsari Lestarini    •    Senin, 10 Sep 2018 18:44 WIB
krisis turki
Ekonomi Turki Tumbuh 5,2% di Kuartal II
Ilustrasi lira Turki. (FOTO: AFP)

Istanbul: Ekonomi Turki tumbuh sebesar 5,2 persen tahun ke tahun pada kuartal kedua 2018, Lembaga Statistik Turki mengatakan pada Senin.

Melansir Xinhua, Senin, 10 September 2018, menurut data yang dirilis oleh pihak berwenang, produk domestik bruto (PDB) dengan pendekatan produksi pada harga saat ini diperkirakan meningkat sebesar 20,4 persen pada kuartal kedua dan mencapai 884 miliar liras Turki (sekitar USD137,1 miliar).

Terkait dengan kegiatan yang membentuk PDB, nilai total yang dikontribusikan oleh sektor pertanian menurun sebesar 1,5 persen, sedangkan sektor industri dan konstruksi masing-masing berkontribusi sebesar 4,3 persen dan 0,8 persen, dan sektor jasa berkonstribusi sebesar delapan persen.

Data juga menunjukkan bahwa ekonomi negara itu tumbuh sebesar 7,4 persen pada 2017, sesuai dengan data yang dirilis sebelumnya.

Turki masih belum pulih dari krisis mata uang yang disebabkan oleh kondisi dalam negeri dan perselisihan dengan Amerika Serikat yang hingga kini terus berlangsung.

 


(AHL)