Tiongkok Perluas Pengaruh Pacu Pertumbuhan Ekonomi

Angga Bratadharma    •    Jumat, 11 Aug 2017 13:01 WIB
ekonomi chinationgkok
Tiongkok Perluas Pengaruh Pacu Pertumbuhan Ekonomi
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Metrotvnews.com, Beijing: Perlambatan pertumbuhan ekonomi di Tiongkok memacu kepemimpinannya di dunia untuk memperluas pengaruh tersebut guna mengakselerasi laju perekonomian. Adapun sebuah perkembangan itu muncul yang baru-baru ini ditampilkan di forum tahunan Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara.

Selama pertemuan akhir pekan, para menteri luar negeri bergulat dengan bagaimana merujuk pada perbedaan di Laut China Selatan, menyoroti perpecahan di dalam blok perdagangan di bawah bayang-bayang pusat ekonomi-ekonomi tetangga. Selain penguatan ekonomi yang menakjubkan, pengaruh Tiongkok di luar negeri juga mendukung kepercayaan diri.

"Tiongkok ingin menunjukkan bahwa negara ini menjadi lebih kuat dan kuat, sehingga membuat orang merasa lebih baik tentang negara ini. Itu kekuatan pendorong utama perpindahan ke agenda kebijakan luar negeri seperti Laut China Selatan dan 'One Belt, One Road 'dan banyak hal," kata Ekonom Andy Xie, seperti dikutip dari CNBC, Jumat 11 Agustus 2017.

One Belt, One Road -juga disebut Belt and Road- adalah program investasi Tiongkok untuk memperluas negara-negara di sepanjang Silk Road berteknologi tinggi dan transportasi baru. Itu sedang dibuka saat ekonomi Tiongkok bergeser dari fokus manufaktur ke layanan dan konsumsi.

"Ini sangat berkaitan dengan ekonomi domestik," tutur Andy Xie.

Peralihan ini datang dengan meningkatnya rasa sakit, dengan upaya untuk mereformasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) China dan memangkas kelebihan kapasitas yang memusnahkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan meluasnya perlawanan.

Untuk mempertahankan tingkat pertumbuhan ekonomi tertentu -yang ditargetkan sekitar 6,5 persen pada 2017- China perlu mencari pasar baru dan membantu mempertahankan perusahaan-perusahaan besar yang dikelola negara. Kondisi itu penting agar laju pertumbuhan bisa tercapai sesuai harapan.


(ABD)