Irak Mulai Bor Sumur Minyak Huwaiza

Annisa ayu artanti    •    Senin, 10 Jul 2017 07:46 WIB
minyak mentah
Irak Mulai Bor Sumur Minyak Huwaiza
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Irak: Irak mulai mengebor sumur pertama di ladang minyak Huwaiza di dekat perbatasan dengan Iran. Kementerian Minyak Irak memperkirakan cadangan minyak yang terkandung dalam ladang tersebut mencapai satu miliar bareal.

"Ladang ini sedang dikembangkan oleh Maysan Oil Company yang dikelola dan diawasi oleh industri minyak dan gas di wilayah itu," kata Menteri Perminyakan Irak Jabar Al-Luaibi, seperti dikutip Reuters, Senin 10 Juli 2017,

Pada akhir tahun, produsen terbesar OPEC setelah Arab Saudi ini berencana untuk meningkatkan kapasitas produksinya menjadi 5 juta barel per hari (barrel per day/bpd) dari produksi saat ini sekitar 4,7 juta bpd.


Api muncul dari pipa di ladang minyak di Basra, Baghdad, Irak (REUTERS/Essam Al-Sudani)

Namun, sejalan dengan kesepakatan negara pengekspor minyak untuk mendongkrak harga minyak mentah, Irak hanya menghasilkan 4,3 juta bpd atau lebih rendah dari kapasitasnya. Tentu kesemua kebijakan yang diambil dengan harapan bisa mendongkrak harga minyak dunia.

Saat menghadiri peluncuran pengeboran sumur Huwaiza, Menteri Perminyakan Jabar Al-Luaibi mengungkapkan bahwa pengeboran sumur tersebut sebagai perluasan ladang minyak Halfaya yang juga dikelola oleh Maysan. Ekspansi tersebut akan menggandakan kapasitas Halfaya pada 2018 menjadi 400.000 bpd.

 


(ABD)