Sejumlah Bank Berencana Pindahkan 9.000 Tenaga Kerja dari Inggris

Angga Bratadharma    •    Rabu, 10 May 2017 07:11 WIB
perbankanbrexitekonomi inggris
Sejumlah Bank Berencana Pindahkan 9.000 Tenaga Kerja dari Inggris
Suasana Kota London, Inggris (REUTERS/Greg Bos)

Metrotvnews.com, London: Bank-bank global terbesar di London berencana memindahkan sebanyak 9.000 tenaga kerja dari benua tersebut dalam dua tahun ke depan, pernyataan publik dan informasi dari sumber-sumber karena eksodus pekerjaan keuangan mulai berjalan.

Pekan lalu, Standard Chartered (STAN.L) dan JPMorgan (JPM.N) menjadi beberapa bank global yang menggariskan rencana untuk operasi Eropa mereka setelah Brexit. Mereka termasuk beberapa bank yang mendorong maju bisnis dengan rencana memindahkan operasinya dari London.

Mengutip Reuters, Rabu 10 Mei 2017, Chief Executive Goldman Sachs (GS.N) Lloyd Blankfein mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa pertumbuhan bisnis di London sebagai pusat keuangan dapat macet sebagai akibat dari pergolakan yang disebabkan oleh Brexit.

Sebanyak 13 bank besar termasuk Goldman Sachs, UBS (UBSG.S), dan Citigroup (CN) telah memberikan indikasi bagaimana akan melakukan operasi mereka di Eropa untuk mendapatkan akses pasar ke pasar tunggal Uni Eropa ketika Inggris meninggalkan blok tersebut.

Pembicaraan dengan otoritas keuangan di Eropa telah berlangsung selama beberapa bulan, namun bank-bank semakin menguatkan rencana untuk memindahkan staf dan operasi. Langkah ini dengan harapan laju bisnis tidak terhenti dan nantinya memberi efek negatif terhadap pergerakan ekonomi.

"Ini menjadi kecepatan penuh yang berada di depan kami. Kami bergerak penuh dengan perencanaan kontinjensi kami. Tidak ada yang menunggu," kata Kepala Perbankan Investasi di salah satu bank global di London.

Meski pergerakan tersebut akan mewakili sekitar dua persen dari pekerjaan keuangan London, namun pendapatan pajak Inggris dapat terpukul jika kehilangan pembayar pajak kaya yang bekerja di bidang jasa keuangan.

Deutsche Bank (DBKGn.DE) mengatakan pada 26 April bahwa sebanyak 4.000 tenaga kerja di Inggris dapat dipindahkan ke Frankfurt dan lokasi lain di Uni Eropa sebagai akibat Brexit. JPMorgan pekan lalu mengumumkan rencana untuk memindahkan ratusan pekerja ke tiga kota di Eropa dalam dua tahun ke depan.

 


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA