APEC Bahas Akses Keuangan bagi Pelaku UMKM

   •    Selasa, 12 Sep 2017 13:20 WIB
umkm
APEC Bahas Akses Keuangan bagi Pelaku UMKM
Illustrasi. ANT/Rivan Awal Lingga.

Metrotvnews.com, Ho Chi Minh: Sekitar 100 delegasi dari ekonomi dan ekonomi Asia Pasifik (APEC) ekonomi dan pakar dari organisasi keuangan dan ekonomi internasional berkumpul untuk mencari langkah-langkah untuk membantu persoalan finansial yang dialami para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

Dikutip dari Xinhua, Selasa 12 September 2017, pada Forum Keuangan UKM APEC "Memanfaatkan Teknologi untuk Meningkatkan Rantai Pasokan Keuangan" di Vietnam, Ho Chi Minh City, para delegasi memusatkan diskusi mereka dalam menangani tantangan baru untuk membiayai UKM, memperkuat rantai pasokan keuangan (SCF), mengembangkan SCF elektronik dalam era digital, dan menerapkan langkah-langkah baru untuk mendorong SCF di Vietnam dan negara APEC lainnya.

Upaya memperkuat rantai infrastruktur perdagangan yang memberikan kredit jangka pendek yang mengoptimalkan modal kerja baik untuk pembeli maupun penjual, dianggap berguna untuk mengintegrasikan sejumlah besar UKM ke dalam sistem keuangan formal.

SCF adalah serangkaian proses bisnis dan pendanaan berbasis teknologi yang menghubungkan berbagai pihak dalam suatu transaksi, pembeli, penjual dan lembaga pembiayaan, untuk menurunkan biaya pendanaan dan meningkatkan efisiensi bisnis. Pelaku bisnis UKM mecapai sekitar 97 persen dari pelaku bisnis di wilayah APEC, namun mereka hanya menyumbang 35 persen dari total ekspor.


(SAW)