Kuartal III-2017

WTO: Pemulihan Moderat Perdagangan Dunia Berlanjut

   •    Selasa, 08 Aug 2017 10:32 WIB
perdagangan bebasperdaganganekonomi dunia
WTO: Pemulihan Moderat Perdagangan Dunia Berlanjut
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jenewa: Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) menyebut indikator prospek perdagangan dunia terbaru menunjukkan pertumbuhan perdagangan barang dagangan global akan terus menguat pada kuartal III-2017. Kondisi ini diharapkan bisa terus terjadi guna mendukung laju pertumbuhan ekonomi dunia.

Sementara itu, pesanan ekspor global juga menunjukkan tanda-tanda pemerataan, yang bisa berarti momentum kenaikan dalam pertumbuhan perdagangan mungkin telah mencapai puncaknya, WTO memperingatkan.

Mengutip Antara, Selasa 8 Agustus 2017, jika ini yang terjadi maka pertumbuhan perdagangan diperkirakan akan moderat pada tahun ini. Tentu ada harapan agar laju perdagangan bisa mengalami akselerasi sejalan dengan hadirnya sejumlah sentimen positif.

Hasil ini sedikit lebih kuat dari perkiraan perdagangan WTO baru-baru ini pada 12 April, yang mengantisipasi pertumbuhan perdagangan moderat tahun ini setelah ekspansi lemah pada 2016.

Angka terakhir 102,6 lebih tinggi dari angka sebelumnya sebesar 102,2 yang dikeluarkan pada Mei tahun ini, yang menunjukkan momentum berkelanjutan untuk pertumbuhan perdagangan, kata WTO dalam sebuah pernyataan.

Angka 100 menunjukkan pertumbuhan sejalan dengan tren jangka menengah; angka lebih besar dari 100 menunjukkan di atas tren pertumbuhan, sementara di bawah 100 menunjukkan sebaliknya.

Kinerja yang kuat dalam pengiriman udara, pesanan ekspor dan pengiriman kontainer diimbangi oleh hasil yang lebih lemah pada indeks-indeks lainnya. Hasil untuk bahan baku pertanian dan perdagangan komponen elektronik lebih lemah, namun kedua indeks tersebut telah berbalik naik baru-baru ini.

Pada saat yang sama, pertumbuhan lemah dalam produksi dan penjualan mobil menjadi perhatian karena hal itu mengindikasikan melemahnya kepercayaan konsumen di seluruh dunia, kata laporan tersebut. WTO mengatakan indikator prospek tidak dimaksudkan sebagai perkiraan jangka pendek, meskipun memberikan indikasi pertumbuhan perdagangan dalam waktu dekat.

Kontribusi utamanya adalah mengidentifikasi titik balik dan mengukur momentum pertumbuhan perdagangan global. Dikatakan indikator tersebut melengkapi statistik dan prakiraan perdagangan dari WTO dan organisasi internasional lainnya.


(ABD)