Alibaba akan Dorong Pertumbuhan Konsumsi Tiongkok

Arif Wicaksono    •    Sabtu, 11 Nov 2017 10:33 WIB
alibaba
Alibaba akan Dorong Pertumbuhan Konsumsi Tiongkok
Vice President and Co Founder Alibaba Shanghai, Joe Tsai. (FOTO: MTVN/Arif Wicaksono)

Shanghai: Alibaba akan terus berusaha mengembangkan pertumbuhan konsumsi Tiongkok. Caranya adalah melalui pengembangan infrastruktur serta sosialisasi kemudahan transaksi melalui e-commerce.

Alibaba yakin bahwa semakin tingginya standar hidup rakyat Tiongkok akan memengaruhi cara mereka dalam mengonsumsi barang. Semakin mapan rakyat Tiongkok, maka akan membuat mereka membutuhkan sensasi yang tak diperoleh sebelumnya.

"Selama ini 40 persen konsumsi dari PDB Tiongkok. Kita akan coba menaikkan menjadi 70 persen," kata Vice President and Co Founder Alibaba Shanghai, Joe Tsai, di Shanghai, Jumat 10 November 2017.

Dia mengatakan, potensi ini terbuka lebar karena adanya pertumbuhan pasat dari pendapatan per kapita Tiongkok dari USD7.000 per kapita pada 1999 menjadi USD80 ribu per kapita saat ini.

"Selama 10 tahun gaji naik double digit semua orang bicarakan belanja dan shopping pay," kata dia.

Dia pun menegaskan bahwa pada 2026 target ini akan dicapai dengan terus menerus mengembangkan ekosistem bisnis yang baik. Ekosistem ini dengan tanpa mengesampingkan keunikan bisnis online dan offline.

"Keduanya bukan hal yang berlawanan kami bahkan menyatukan semuanya dengan baik," tegas dia.

Perkembangan kedua bisnis ini sudah dikembangkan di beberapa toko milik Alibaba yang mengusung konsep smart store. Konsep ini memberikan pilihan bagi warga untuk belanja baik secara online atau pun offline.

"Pengalaman dalam berbelanja akan kita tingkatkan, karena belanja itu menyenangkan," pungkas dia.

 


(AHL)