Jepang Sebut Tarif Trump Memengaruhi Hubungan Ekonomi Bilateral

Angga Bratadharma    •    Sabtu, 10 Mar 2018 13:06 WIB
ekonomi jepang
Jepang Sebut Tarif Trump Memengaruhi Hubungan Ekonomi Bilateral
Bendera Jepang (FOTO: AFP)

Tokyo: Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono mengatakan keputusan Amerika Serikat (AS) untuk mengenakan tarif impor baja dan aluminium dapat memengaruhi hubungan ekonomi Jepang-AS. Tentu hal ini tidak diinginkan dan ada harapan agar pengenaan tarif impor tersebut tidak dilakukan.

Dalam sebuah pernyataan, Kono mengatakan, keputusan oleh Amerika Serikat disesalkan dan tindakan tersebut akan memiliki pengaruh besar terhadap hubungan ekonomi dan koperasi antara AS dan Jepang baik dalam aliansi maupun ekonomi dunia

"Jepang akan menyelidiki secara menyeluruh kemungkinan dampak tarif baru tersebut terhadap perusahaan Jepang dan bagaimana tarifnya akan sesuai dengan peraturan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO)," kata Kono, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu, 10 Maret 2018.



Setelah ini, Kono mengatakan, Jepang akan mempertimbangkan bagaimana menanggapi pungutan tersebut selanjutnya. Pertimbangan itu dengan harapan laju perekonomian Jepang bisa sesuai rencana dan menekan sejumlah risiko yang bisa datang kapan saja.

Juru Bicara Pemerintah Jepang menambahkan bahwa Tokyo akan terus meminta Washington untuk membebaskannya dari rencana yang baru diresmikan guna mengenakan tarif 25 persen untuk impor baja dan 10 persen untuk aluminium.

Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga mengatakan ekspor baja dan aluminium Jepang tidak menimbulkan risiko terhadap keamanan nasional AS dan telah membantu meningkatkan industri dan lapangan kerja di Amerika Serikat.

 


(ABD)