Sektor Jasa di Inggris Terus Ciptakan Lapangan Kerja

Angga Bratadharma    •    Jumat, 06 Oct 2017 12:02 WIB
brexitekonomi inggris
Sektor Jasa di Inggris Terus Ciptakan Lapangan Kerja
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Metrotvnews.com, London: Sektor layanan atau jasa yang dominan di Inggris terus menciptakan lapangan kerja baru yang kuat, meski mengalami sedikit kejatuhan dalam aktivitas dan terus mengkhawatirkan potensi bahaya Brexit atau keputusan Inggris keluar dari keanggotaan Uni Eropa. Pemerintah Inggris terus berharap keputusan Brexit tidak membahayakan ekonomi.

Mengutip Xinhua, Jumat 6 Oktober 2017, menurut sebuah laporan survei yang dirilis oleh perusahaan informasi keuangan IHS Markit, Index of Purchasing Managers's Index (PMI) Inggris mencapai 53,6 pada September, mengalami kenaikan dari level terendah 11 bulan di 53,2 di Agustus di mana di atas 50 menunjukkan adanya pertumbuhan.

Angka agregat kuartal ketiga sebesar 53,5, dibandingkan dengan rata-rata 54,3 pada kuartal sebelumnya, menunjukkan bahwa pertumbuhan di sektor jasa, yang menyumbang lebih dari 75 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Inggris, telah berkurang sedikit sejak kuartal kedua.



Responden survei menyebutkan sejumlah fundamental ekonomi yang mendukung, termasuk kondisi pasar tenaga kerja yang sehat dan belanja konsumen yang tangguh. Ini positif bagi ekonomi Inggris karena belanja konsumen saat ini merupakan pendorong utama pertumbuhan.

Namun, ada juga laporan yang mengkhawatirkan prospek bisnis, yang ditemukan dalam ketidakpastian mengenai hasil perundingan Brexit, telah bertindak sebagai penghalang pertumbuhan. Di bawah penjemputan di PMI utama, survei layanan juga melihat penurunan komponen pesanan baru dalam survei tersebut.

"Yang pada 53,3, berada di titik terendah dalam 13 bulan. Survei bulan ini juga menunjukkan harga input pada level tertinggi tujuh bulan dengan perusahaan melaporkan tagihan makanan, energi dan bahan bakar yang lebih tinggi serta kenaikan harga impor, yang tercermin dari kenaikan harga output," ungkap Kepala Ekonom Inggris Royal Bank Sam Hill.

 


(ABD)