Ekonomi Yunani Tumbuh 0,8% di Kuartal III-2016

Angga Bratadharma    •    Rabu, 30 Nov 2016 06:34 WIB
ekonomi yunani
Ekonomi Yunani Tumbuh 0,8% di Kuartal III-2016
Bendera Yunani (Reuters/Alkis Konstantinidis)

Metrotvnews.com, Athena: Ekonomi Yunani memperluas ekspansi untuk kuartal kedua secara berturut-turut dan lebih dari perkiraan para analis pada Juli-September, data statistik menunjukkan. Hal itu menjadi pertanda yang baik terkait pemulihan ekonomi yang kuat pada tahun depan usai resesi yang terjadi secara berlarut-larut.
 
Revisi diperkirakan menunjukkan angka ekspansi di 0,8 persen pada kuartal ketiga dibandingkan dengan April-Juli, ketika Produk Domestik Bruto (PDB) mengalami pertumbuhan sebanyak 0,4 persen. Angka itu yang tertinggi dari perkiraan angka 0,5 persen atas rilis di awal bulan ini.

Dihadapan kajian ulang mengenai dana bailout kedua yang melibatkan reformasi tenaga kerja yang tidak populer, Athena berkeinginan untuk menunjukkan pajak yang tinggi dan pemotongan pensiun yang datang pada tahun lalu sebesar 86 miliar euro dengan kesepakatan bantuan tahun lalu yang akan berbuah hasil dan memimpin perbaikan ekonomi.

Baca: IMF Kemungkinan Ikut Berpartisipasi dalam Program Pinjaman ke Yunani

Pembicaraan revisi ini mengalahkan ekspektasi pasar. Analis yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan pertumbuhan dari kuartal ke kuartal di angka 0,5 persen dan tingkat ekspansi secara tahunan sebesar 1,4 persen pada kuartal ketiga. Beberapa perbaikan siap dilakukan agar ekonomi tumbuh maksimal.


Ilustrasi Yunani (FOTO: Reuters)

"Data mengkonfirmasi dan percaya ekonomi akan keluar (dari ekspektasi para analis) di kuartal kedua. Permintaan domestik memperkuat di babak kedua dan pembicaraan positif di angka 0,1 persen untuk tahun sekarang yang masuk akal," kata Kepala Ekonom Eurobank Platon Monokroussos, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (30/11/2016).

Baca: Zona Euro bagi Bertahap Pinjaman ke Yunani

Pemulihan akan menjadi kunci untuk menurunkan tingkat pengangguran hampir sebanyak 24 persen, tertinggi di zona euro, dan mencapai surplus anggaran utama yang diproyeksikan di dua persen, Namun, hal itu tidak termasuk dengan utang pelayanan yang menjadi permintaan para kreditor resmi Yunani.

Baca: Jerman Berharap IMF Tetap Ikut program Bailout Yunani

Data yang disesuaikan secara musiman menunjukkan ekspansi ekonomi sebesar 175 miliar euro dengan laju tahunan di angka 1,8 persen atau diperluas pada kuartal ketiga. Perolehan itu lebih cepat dari perkiraan sebesar 1,5 persen pada waktu sebelumnya.

 


(ABD)