G20 akan Memerangi Peretasan Sektor Perbankan Global

Ade Hapsari Lestarini    •    Sabtu, 18 Mar 2017 18:12 WIB
ktt g20
G20 akan Memerangi Peretasan Sektor Perbankan Global
G20 akan Memerangi Peretasan Sektor Perbankan Global. (FOTO: Reuters)

Metrotvnews.com, Baden Baden: Negara-negara dengan ekonomi terbesar di dunia berjanji bersama-sama melawan serangan siber pada sistem perbankan global.

Ini merupakan salah satu upaya terbesar dan terkoordinasi untuk melindungi para pemberi pinjaman sejak kasus pencurian rekening sebesar USD81 miliar rekening di bank sentral Bangladesh tahun lalu.

Reuters melansir, Sabtu 18 Maret 2017, pertemuan menteri keuangan G20 di Baden-Baden, Jerman ini setuju untuk melawan serangan siber terlepas dari asal negara mereka dan berjanji melakukan kerja sama lintas batas untuk menjaga stabilitas keuangan, menurut dokumen rancangan yang dilihat oleh Reuters.

"Kami akan mempromosikan ketahanan jasa keuangan dan lembaga dalam yurisdiksi G20 terhadap penggunaan berbahaya dari teknologi informasi dan komunikasi, termasuk dari negara-negara di luar G20," ujar dokumen tersebut.

Kejahatan siber menjadi prioritas utama setelah kasus pencurian rekening bank sentral Bangladesh di Federal Reserve Bank of New York tahun lalu. Pencurian yang menghantam kerentanan sistem ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Perjanjian tersebut, rencananya akan diselesaikan pada Sabtu ini. Dalam dunia perbankan, serangan melalui sistem transfer bank global, SWIFT, terus meningkat. Sejumlah serangan terjadi di mana sekitar seperlima dari mereka menghasilkan dana sejak pencurian Bangladesh.

Uni Eropa sedang mempertimbangkan pengujian pertahanan bank terhadap serangan siber dengan keprihatinan tentang industri kerentanan terhadap peretasan.


(AHL)