Yuan Tiongkok Melemah Jadi 6,9071 terhadap USD

   •    Selasa, 21 Mar 2017 10:11 WIB
ekonomi chinationgkok
Yuan Tiongkok Melemah Jadi 6,9071 terhadap USD
Ilustrasi (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Beijing: Kurs tengah nilai tukar mata uang Tiongkok renminbi atau yuan, mengalami pelemahan sebanyak 73 basis poin menjadi 6,9071 terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada Selasa, menurut Sistem Perdagangan Valuta Asing Tiongkok.

Mengutip Antara, Selasa 21 Maret 2017, di pasar spot valuta asing Tiongkok, yuan diperbolehkan untuk naik atau turun sebesar dua persen dari tingkat paritas tengahnya setiap hari perdagangan. Kurs tengah yuan terhadap USD didasarkan pada rata-rata tertimbang harga yang ditawarkan oleh pelaku pasar sebelum pembukaan pasar uang antar bank setiap hari kerja.

Sementara itu, kurs USD berakhir lebih tinggi terhadap sebagian besar mata uang utama pada Senin waktu setempat (Selasa WIB), karena para investor mencerna pernyataan terbaru dari para pejabat Federal Reserve.

Presiden Fed Philadelphia Patrick Harker mengatakan pada Senin 20 Maret 2017 bahwa ia tidak bisa mengesampingkan lebih dari tiga kenaikan suku bunga tahun ini. Tentu kenaikan suku bunga tersebut sejalan dengan situasi dan kondisi perekonomian.

Presiden Fed Chicago Charles Evans juga mengatakan pada hari yang sama bahwa kika prospek pertumbuhan menguat dan dirinya lebih percaya tingkat inflasi akan mengalami kenaikan sehingga adanya tiga kenaikan suku bunga untuk sepanjang tahun ini masuk akal.

"Ini bisa menjadi tiga, bisa jadi dua, dan itu bisa menjadi empat (kenaikan suku bunga) jika itu benar-benar meningkat," tambahnya.


(ABD)