Jokowi Tegaskan Indonesia tak Khawatir Batal Masuk TPP

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 24 Nov 2016 17:38 WIB
tpp
Jokowi Tegaskan Indonesia tak Khawatir Batal Masuk TPP
Presiden Joko Widodo. (FOTO: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menegaskan jika Amerika Serikat (AS) menarik diri dari Trans Pacific Partnership (TPP) maka tidak akan ada dampak yang dirasakan Indonesia. Hal ini karena Indonesia belum bergabung di pakta perdagangan trans pasifik tersebut.

"Batal enggak ada pengaruhnya ke kita. Kalau terus berarti kita ikut. Kalau enggak ya berarti kaya biasanya," kata Jokowi ditemui di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (24/11/2016).

Senada dengan Jokowi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyebut jika batal masuk TPP maka Indonesia perlu meningkatkan kerja sama perdagangan dengan negara lain. Enggar bahkan optimistis peran Indonesia di kerja sama bilateral cukup strategis.

Dirinya menambahkan, pada kerja sama ekonomi atau Asia Pasifik Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) Indonesia memiliki peranan penting. Ketika negara APEC ragu, Indonesia bersama 12 negara lain menegaskan kerja sama ini berdampak positif bagi mereka.

"Yang disampaikan Presiden adalah kita harus melihat opportunity-nya. Ini menunjukkan kita menjadi gadis cantik. Kita melihat kesempatan itu besar, tinggal kita melihat bagaimana menggarap kesempatan itu," jelas dia.

Sementara itu, jika AS benar-benar keluar dari TPP maka Indonesia bisa melakukan kerja sama secara bilateral antara kedua negara. Ini memberi jalan lain agar ekspor Indonesia ke AS tetap berjalan sambil membuka pasar ekspor non tradisional.

"Pasar tradisional seperti itu dan kita melihat peluang kesempatan, membuka pasar baru dan barang baru akan jadi prioritas. Amerika memang akan memprotek investasinya tapi mereka tetap akan butuh barang. Barang apa yang diperlukan nah ini market inteligent kita kedutaan kita, kita masuk," pungkasnya.


(AHL)