Brexit Hampir Hentikan Pertumbuhan Sektor Jasa Inggris

   •    Sabtu, 08 Dec 2018 14:03 WIB
brexitekonomi inggris
Brexit Hampir Hentikan Pertumbuhan Sektor Jasa Inggris
Ilustrasi (FOTO: AFP)

London: Pertumbuhan di sektor jasa Inggris hampir terhenti pada November, menurut survei yang dirilis. Kondisi itu terjadi di tengah pembahasan keputusan Inggris keluar dari keanggotaan Uni Eropa (UE) atau Brexit, terutama ketika berbicara aspek ketidakpastian implementasi kebijakan tersebut.

Indeks Pembelian Manajer IHS Markit/CIPS Services (PMI) menunjukkan aktivitas bisnis sektor jasa, yang menyumbang hampir 80 persen dari ekonomi Inggris, merosot ke 50,4 dibandingkan dengan 52,2 pada Oktober, angka terendah sejak Juli 2016 -bulan setelah referendum Brexit. Angka di bawah 50 mengindikasikan aktivitas nyaris tidak berjalan.

Mengutip Xinhua, Sabtu, 8 Desember 2018, angka terakhir hanya sedikit di atas nilai 50,0 atau tidak ada perubahan yang signifikan. Survei itu mengungkapkan bisnis yang tenang dan belanja konsumen telah menahan pertumbuhan pada November, dengan mencatat ketidakpastian Brexit merupakan penyebab penundaan keputusan investasi bisnis klien.

Pertumbuhan permintaan yang lebih lemah dan meningkatnya gaji staf berkontribusi pada kebijakan perekrutan yang lebih hati-hati pada November. Sejumlah responden survei menunjukkan kesulitan dalam merekrut staf terampil yang sesuai dengan kebutuhan finansial perusahaan.

"Layanan PMI pada November anjlok ke tingkat terendah sejak kepanikan setelah referendum Brexit memberikan indikasi paling jelas bahwa ketidakpastian Brexit menguras momentum ekonomi," kata Kepala Ekonom Inggris Samuel Tombs, di konsultan riset ekonomi Pantheon.

Pemerintah Inggris sebelumnya mengeluarkan laporan perkiraan ekonomi yang menunjukkan Inggris dapat melihat penurunan sebanyak 3,9 persen dalam Produk Domestik Bruto (PDB) selama 15 tahun mendatang. Kondisi itu bisa terjadi di bawah rencana Brexit atau keputusan keluar dari Uni Eropa oleh Perdana Menteri Theresa May.

Laporan sebanyak 83 halaman yang diproduksi bersama oleh berbagai departemen di seluruh Pemerintah Inggris termasuk Departemen Keuangan memodelkan beberapa hasil Brexit yang berbeda, dan membandingkannya dengan pertumbuhan PDB saat ini.

Pemerintah tidak memberikan secara rinci berapa besar biaya yang dikeluarkan dari jenis Brexit ini, tetapi media Inggris melaporkan para ahli memperkirakan kondisi itu akan memiliki efek debit tahunan sebesar 100 miliar pound (USD128,3 miliar) selama 15 tahun dari sekarang.


(ABD)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

16 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA