Bos IMF: Pertumbuhan Ekonomi Dunia Tidak Merata

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 12 Oct 2018 15:15 WIB
pertumbuhan ekonomiekonomi duniaIMF-World Bank
Bos IMF: Pertumbuhan Ekonomi Dunia Tidak Merata
Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde. Foto: AFP/Goh Chai Hin.

Nusa Dua: Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde mengatakan ekonomi dunia terus mengalami pertumbuhan yang kuat. Namun pertumbuhan ekonomi negara-negara di dunia tidak merata, karena masih banyak negara tumbuh rendah.

"Pertumbuhan ini tidak merata antarkawasan dan antarmasyarakat," kata wanita yang akrab disapa Madam Lagarde, dalam pleno Pertemuan Tahunan IMF-WWB 10`8, di Nusa Dua, Bali, Jumat, 12 Oktober 2018.

Lagarde mengatakan saat ini dunia tengah menghadapi tantangan makroekonomi dan multilateralisme yang baru. Tantangan makroekonomi salah satunya soal perdagangan.

Baca juga: IMF: Dunia Butuh Multilateralisme Baru

Padahal, sektor perdagangan mendorong pertumbuhan dan kesejahteraan global lebih dari 70 tahun terakhir. Namun belakangan ini, sektor perdagangan justru memakan korban dari beberapa negara yang menerapkan pengetatan.

IMF memperkirakan ketegangan perdagangan saat ini bisa menurunkan Produk Domestik Bruto (PDB) global sebanyak satu persen dalam dua tahun mendatang.

Oleh karenanya, sebutnya, diperlukan untuk melakukan reformasi bersama terhadap sistem perdagangan global agar menjadi lebih kuat dan lebih adil.

Baca juga: IMF dan Bank Dunia Terpesona Pidato `Game of Thrones` Jokowi

Tantangan selanjutnya yakni ketimpangan, teknologi, dan keberlanjutan. Ketiga hal tersebut memang bukan hal baru namun semuanya saling terkait dan bergerak lebih cepat dari biasanya.

"Namun sekali lagi, menanggapi dimensi ini secara efektif hanya dapat dilakukan melalui kerja sama," pungkas dia.




(HUS)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

2 days Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA