3 Kunci Kesuksesan Jack Ma

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 12 Oct 2018 17:09 WIB
IMF-World Bank
3 Kunci Kesuksesan Jack Ma
Pendiri Alibaba, Jack Ma. Foto: Medcom/Ade Hapsari Lestarini.

Nusa Dua: Pada pertemuan tahunan International Monetary Fund-World Bank (IMF-WB) 2018, pebisnis Jack Ma membeberkan tiga kunci sukses dalam mengembangkan bisnis. Ketiga unsur itu adalah perlakuan terhadap konsumen, karyawan, dan memiliki rasa kepercayaan untuk mencapai kesuksesan.

"Ketika saya ke Wall Street, ada tiga hal yang saya katakan untuk menjadi pebisnis. Pertama konsumen, kedua karyawan, dan kepercayaan," kata Jack Ma di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Bali, Jumat, 12 Oktober 2018.


(Pebisnis Jack Ma memaparkan tiga kunci meraih tangga kesuksesan dalam rangkain pertemuan IMF-WB 2018 di Nusa Dua, Bali. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti).

Kata Pendiri Alibaba ini, tiga unsur itu harus digabungkan untuk mencetak kesuksesan. Baginya, karyawan adalah orang-orang penting dari perjalanan bisnis. Pebisnis harus memiliki kepercayaan kepada karyawannya dan harus bekerja sama dalam tim.

"Seorang pengusaha juga harus punya kepercayaan. Jika tidak punya kepercayaan, Anda tidak akan menerima penghasilan," ucap dia.

Baca juga: OECD Ramal Ekonomi RI Tumbuh 5,3% di 2019

Selain itu, sambung Jack Ma, menjadi seorang pebisnis harus memiliki kecerdasan emosional atau emotional quotient (EQ) yang tinggi. Sebab dalam menjalankan bisnis bukan hanya memerlukan kecerdasan intelektual atau intelegent quotient (IQ), tetapi juga harus memiliki EQ.

"Melalui EQ, Anda akan mencari dan mendapatkan orang (tim) yang bagus yang bisa bekerja sama dengan Anda. Ini adalah tiga kunci yang penting. Anda harus peduli dengan orang lain. Anda harus memiliki EQ," tutup dia.




(HUS)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

2 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA