Korsel Naikkan Suku Bunga Acuan untuk Pertama Kalinya

Ade Hapsari Lestarini    •    Jumat, 30 Nov 2018 13:30 WIB
kecelakaan korsel
Korsel Naikkan Suku Bunga Acuan untuk Pertama Kalinya
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Seoul: Bank sentral Korea Selatan (BoK) menaikkan suku bunga acuan untuk pertama kalinya dalam 12 bulan. Kenaikan ini terjadi karena bank ditekan untuk menaikkan biaya pinjaman di tengah utang rumah tangga yang besar.

Gubernur Bank of Korea (BoK) Lee Ju-yeol dan enam anggota dewan kebijakan moneter lainnya memutuskan menaikkan suku bunga acuan menjadi 1,75 persen dari 1,50 persen.

Melansir Xinhua, Jumat, 30 November 2018, kenaikan ini menandai kenaikan tingkat pertama sejak BoK menaikkan target menjadi 1,50 persen pada November tahun lalu dari level terendah sepanjang waktu sebesar 1,25 persen.

Kenaikan suku bunga itu sejalan dengan ekspektasi pasar. Menurut survei Asosiasi Investasi Keuangan Korea (KFIA) dari 200 ahli berpendapatan tetap, 79 persen memperkirakan kenaikan tarif.

Dua anggota dewan kebijakan moneter BoK mengklaim kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin berdasarkan pertemuan penetapan suku bunga bulan lalu.

Tekanan telah meningkat pada BoK untuk memperketat kebijakan moneternya lebih lanjut di tengah utang rumah tangga yang tumbuh cepat yang mencapai 1,500 triliun won (USD1,34 triliun).

Utang rumah tangga tumbuh lebih cepat daripada pendapatan rumah tangga, menaikkan harga rumah karena rumah tangga bergegas membeli rumah baru dengan meminjam uang di tengah tren tingkat rendah berkepanjangan.

Kesenjangan yang melebar dalam tingkat kebijakan antara Korea Selatan dan Amerika Serikat juga mendorong BoK untuk menaikkan suku bunga.


(AHL)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

16 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA