Produksi Baja Mentah Tiongkok Naik Tipis

Angga Bratadharma    •    Selasa, 10 Oct 2017 11:02 WIB
ekonomi chinationgkok
Produksi Baja Mentah Tiongkok Naik Tipis
Ilustrasi (AFP PHOTO/WANG ZHAO)

Metrotvnews.com, Beijing: Hasil produksi baja mentah Tiongkok mengalami kenaikan tipis dalam delapan bulan pertama tahun ini, data dari perencana ekonomi utama negara itu menunjukkan. Sejauh ini, Pemerintah Tiongkok terus berupaya agar laju perekonomian bisa terus menguat di masa-masa mendatang.

Produksi baja mentah meningkat 5,6 persen YoY menjadi 566,41 juta ton pada periode Januari-Agustus, dibandingkan dengan penurunan 0,1 persen pada periode yang sama tahun lalu, menurut National Development and Reform Commission (NDRC), seperti dilansir Xinhua, Selasa 10 Oktober 2017.

Sementara harga baja terus mengalami peningkatan dengan indeks harga baja dalam negeri naik 7,9 poin dari Juli menjadi 112,77 pada Agustus, dan meningkat 37,51 poin dari tahun sebelumnya, menurut NDRC.



Harga baja diangkat oleh biaya bijih besi yang lebih tinggi, permintaan yang meningkat serta penurunan pasokan karena kebijakan pemerintah untuk mengurangi kelebihan kapasitas baja dan meningkatkan perlindungan lingkungan, menurut Asosiasi Besi dan Baja China (CISA).

Meskipun pembatasan produksi di tengah penegakan peraturan lingkungan yang semakin ketat selama musim pemanasan musim dingin akan membatasi pasokan dalam beberapa bulan mendatang, namun memperluas kapasitas kompetitif akan membantu kenaikan harga tinggi, kata CISA.

"Tiongkok telah berusaha untuk menutup pabrik kecil yang menghasilkan baja berkualitas rendah yang terbuat dari logam bekas tahun ini, yang menyebabkan pasokan berkurang," tuturnya.

Tindakan keras terhadap kondisi itu, yang menghasilkan empat persen dari total produksi baja, muncul saat Beijing bertujuan untuk mengurangi kelebihan kapasitas, mengatasi polusi dan memperbaiki langkah-langkah keselamatan di pabrik-pabrik ini.

 


(ABD)