Hadiri KTT G-20, Jokowi akan Jadi Presiden Pertama yang Diterima Xi Jinping

Desi Angriani    •    Senin, 29 Aug 2016 21:13 WIB
ktt g-20
Hadiri KTT G-20, Jokowi akan Jadi Presiden Pertama yang Diterima Xi Jinping
Presiden Joko Widodo. ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma.

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo dijadwalkan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Hangzhou, Zhejiang, Tiongkok pada 4-5 September 2016.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, Presiden Jokowi akan menjadi kepala negara pertama yang diterima Presiden Tiongkok Xi Jinping menjelang digelarnya KTT tersebut.

"Presiden Jokowi merupakan presiden pertama yang diterima oleh Presiden Xi Jinping dalam pertemuan bilateral pada 2 September," ujar Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/8/2016).

Retno menuturkan, tema KTT G-20 kali ini adalah Towards an Innovative, Invigorated, Interconnected, and Inclusive and Interconnected Development. Lanjutnya, akan ada lima sesi yang berlangsung selama KTT G-20. Presiden Jokowi sendiri akan berbicara pada sesi kedua terkait isu ekonomi dan kontraterorisme.

"Presiden akan menjadi pembicara di sesi ke-2. Sementara yang lainnya Presiden juga akan bicara. Di antara lima sesi itu, empat sesi terkait masalah keuangan dan ekonomi. Sementara sesi terakhir membahas isu yang non-ekonomi," tuturnya.

Sebelum KTT berlangsung, Presiden juga dijadwalkan menghadiri pertemuan bisnis atau Business Forum (B-20) bersama ratusan pengusaha negeri tirai bambu. Pertemuan tersebut dilanjutkan dengan pembahasan sejumlah kerja sama ekonomi dengan BUMN besar negara Tingkok.

"Pertama business forum atau B-20 yang akan diikuti jumlahnya cukup banyak sekitar 600-700 pebisnis RRT. Dan setelah itu akan ada pertemuan yang lebih terbatas dalam bentuk lunch yang akan diikuti oleh beberapa BUMN besar di RRT," pungkasnya. 

Dia mengatakan Presiden Jokowi akan terbang ke Tiongkok pada Jumat 2 September dan kembali ke Tanah Air pada Kamis 8 September.

Negara anggota G20 adalah Indonesia, Argentina, Australia, Brasil, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

KTT G20 pertama kali dimulai pada 1999 sebagai pertemuan antara Menteri Keuangan dan Gubernur Bank sentral usai krisis keuangan Asia. Tahun 2008, KTT yang dihadiri para kepala negara G20 digelar untuk pertama kalinya di Washington, AS.

KTT di Hangzhou, Tiongkok, akan menjadi yang kesebelas dihadiri para kepala negara. Kepresidenan G20 dilakukan bergilir. Presiden G20 sebelumnya adalah Turki.



(SAW)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

2 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA