The Fed Diproyeksikan Naikkan Suku Bunga 2 Kali Lagi

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 14 Jun 2018 07:15 WIB
ekonomi amerikathe fed
The Fed Diproyeksikan Naikkan Suku Bunga 2 Kali Lagi
Gedung The Fed (FOTO: AFP)

Washington: Pelaku pasar meningkatkan harapan mereka untuk kenaikan suku bunga keempat tahun ini setelah Federal Reserve merilis pernyataan dan proyeksi ekonominya pada Rabu waktu setempat (Kamis WIB). Tentu kenaikan tersebut sejalan dengan situasi dan kondisi perekonomian AS.

Fed Fund Rate (FFR) menunjukkan kemungkinan kenaikan pada Desember yang akan mengikuti satu kemungkinan pada September, naik menjadi 58 persen, menurut pasar. Itu naik dari sekitar 50 persen kemungkinan tercermin sebelum rilis pernyataan the Fed dan proyeksi ekonomi.

"Ini belum sepenuhnya dihargai untuk kenaikan (tambahan) kedua," kata Kepala Strategi Makro Amerika untuk State Street Global Markets Lee Ferridge, seperti dilansir dari CNBC, Kamis, 14 Juni 2018.

Pada Rabu, bank sentral menaikkan suku bunga acuan jangka pendek sebesar 25 basis poin untuk kedua kalinya di tahun ini hingga kisaran 1,75 persen sampai dua persen.

Perkiraan median dalam dot plot ekspektasi pembuat kebijakan untuk suku bunga tahun ini naik dari 2,25 persen menjadi 2,5 persen, yang juga naik dari proyeksi median sebelumnya sebesar dua persen menjadi 2,25 persen. Kenaikan ini mengindikasikan dua kenaikan suku bunga kemungkinan terjadi tahun ini.

Imbal hasil surat utang AS naik setelah rilis pernyataan Fed, dengan imbal hasil dua tahun mencapai yang tertinggi sejak 2008. Imbal hasil 10 tahun sempat mencapai tiga persen tetapi turun dari level itu dan diperdagangkan mendekati 2,98 persen pada Rabu sore.

 


(ABD)


Perpres DNI Rampung Pekan Depan

Perpres DNI Rampung Pekan Depan

1 week Ago

Pemerintah mempercepat penyelesaian rancangan per-aturan presiden (Perpres) mengenai Daftar Neg…

BERITA LAINNYA