Tarif Trump, Norwegia Ajukan Keluhan ke Organisasi Perdagangan Dunia

Angga Bratadharma    •    Kamis, 14 Jun 2018 13:01 WIB
perdagangan bebasperdaganganekonomi duniawto
Tarif Trump, Norwegia Ajukan Keluhan ke Organisasi Perdagangan Dunia
World Trade Organization (Sputnik/Ruben Sprich)

Oslo: Kementerian Luar Negeri Norwegia mengungkapkan Norwegia mengajukan keluhan kepada Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization (WTO) dan meminta ada upaya melawan keputusan Amerika Serikat (AS) yang mengenakan tarif tinggi atas baja dan alumunium.

Adapun Norwegia meminta konsultasi penyelesaian perselisihan ke WTO terkait keputusan tarif tinggi yang dikenakan Amerika Serikat sebagai tahap pertama dari proses penyelesaian organisasi internasional. Hal itu tidak ditampik menjadi penting karena tarif tersebut bisa menekan laju perdagangan dunia.

"Dalam pandangan Norwegia, tarif tambahan yang dikenakan oleh Amerika Serikat pada impor baja dan aluminium adalah pelanggaran terhadap aturan WTO," kata Menteri Luar Negeri Norwegia Ine Eriksen Soreide, seperti dikutip dari Xinhua, Kamis, 14 Juni 2018.

"WTO dan sistem penyelesaian sengketa adalah forum yang dibentuk untuk menangani perselisihan tentang kebijakan perdagangan," tambahnya.



Menteri Norwegia menilai Washington mengabaikan aturan WTO dan melemahkan kredibilitas Amerika Serikat dalam perdagangan internasional, dan terdapat risiko melemahkan aturan berdasarkan sistem perdagangan multilateral.

Sejauh ini, Uni Eropa (UE), Kanada, Meksiko, Tiongkok, India dan beberapa negara lainnya telah meminta konsultasi penyelesaian perselisihan dengan Amerika Serikat sebagai tanggapan atas tarif tambahan. Di tengah gelombang kritik, AS memutuskan untuk mengenakan tarif 25 persen untuk baja dan 10 persen untuk aluminium, untuk UE, Kanada dan Meksiko, mulai 1 Juni.

Pengenaan tarif baru telah dipandang sebagai proteksionisme murni oleh UE. UE berharap Presiden AS Donald Trump kembali mengkaji aturan pengenaan tarif karena memberikan hambatan bagi pertumbuhan perdagangan di tengah ketidakpastian ekonomi global.

 


(ABD)


Menkeu Bicara Kesuksesan Penyelenggaraan Pertemuan IMF-WB

Menkeu Bicara Kesuksesan Penyelenggaraan Pertemuan IMF-WB

2 hours Ago

Pertemuan tahunan IMF-World Bank Group 2018 telah resmi ditutup pada Minggu (14/10/2018). Acara…

BERITA LAINNYA