Terburuk Sejak 2009, Harga Perumahan di London Jeblok

Arif Wicaksono    •    Minggu, 16 Oct 2016 16:44 WIB
london
Terburuk Sejak 2009, Harga Perumahan di London Jeblok
Kota London. AFP/JOEL FORD (STR).

Metrotvnews.com, London: Harga rumah di London turun untuk bulan kelima Agustus. Ini merupakan penurunan terburuk untuk Inggris sejak resesi tujuh tahun lalu.

LSL Jasa Properti dan Acadata mengatakan penurunan 0,6 persen, mengambil nilai rata-rata untuk USD 708.000, mengikuti 1 persen penurunan bulan sebelumnya. Laju pertumbuhan tahunan kini telah melambat menjadi hanya 2,2 persen, terendah sejak awal 2012.

Menurut LSL, penurunan ini dipimpin oleh harga perumahan di distrik dari  pusat kota London. Analisis ini mulai bergema dari prediksi Savills Plc, yang mengatakan bahwa harga rumah mewah di Kota London akan merosot sembilan persen pada tahun ini, terbesar sejak 2008, setelah Inggris memilih untuk meninggalkan Uni Eropa.

Operator situs properti Rightmove juga menyoroti perbedaan di pasar London, dengan distrik paling mahal, Kensington dan Chelsea, yang harganya mengalami penurunan hampir 12 persen dalam satu tahun terakhir. Itu sebagian karena adanya biaya tambahan pajak pembeli properti tersebut pada belakangan ini.

"Kami melihat dua kecepatan pasar menjadi mapan sebagai bagian lebih murah dari ibu kota dan daerah rekor kenaikan harga besar didorong oleh permintaan untuk rumah terjangkau, sementara harga property di pusat London tak bergerak naik," kata Direktur agen properti Your Move and Reeds Rains, Adrian Gill, dikutip dari Bloomberg, Minggu (16/10/2016). 

LSL menerbitkan nomor daerah rinci dengan adanya jeda selama  satu bulan. Data untuk Inggris dan Wales menunjukkan harga tidak berubah dalam sebulan dan naik 3,5 persen tahun-ke-tahun. Tidak termasuk London dan London tenggara, harga perumahan nasional naik menjadi 3,8 persen per tahun.

(SAW)