Inflasi Zona Euro Turun jadi 1,4% di Desember 2017

Angga Bratadharma    •    Senin, 08 Jan 2018 15:04 WIB
bank central eropaekonomi eropaeropauni eropa
Inflasi Zona Euro Turun jadi 1,4% di Desember 2017
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Brussels: Inflasi di zona euro turun menjadi 1,4 persen pada Desember 2017 dibandingkan dengan posisi 1,5 persen di bulan sebelumnya, perkiraan dari Eurostat ditunjukkan. Adapun tingkat inflasi tetap bertahan di bawah target bank sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) di bawah, tapi mendekati dua persen.

Mengutip Xinhua, Senin, 8 Januari 2018, melihat komponen utama inflasi zona euro, inflasi harga energi melambat menjadi tiga persen dari 4,7 persen dibandingkan dengan di November. Harga makanan, alkohol, dan tembakau meningkat 2,1 persen dari 2,2 persen di November.

Sedikit perlambatan inflasi utama mengurangi tekanan pada ECB untuk melepas Quantitative Easing (QE). ECB telah mengatakan akan melanjutkan kebijakan moneternya yang mudah untuk meningkatkan inflasi ke sasarannya. Hal itu sejalan dengan keinginan terus memacu laju pertumbuhan ekonomi.

Namun, Jerman dan negara-negara zona euro yang lebih kaya lainnya telah menyuarakan kekhawatiran tentang kebijakan mudah saat pertumbuhan ekonomi zona euro menjadi kuat. Investor akan melihat secara dekat pertemuan kebijakan ECB berikutnya di akhir bulan ini.

Sementara itu, jumlah uang beredar (M3) di wilayah euro tumbuh 4,9 persen pada November 2017 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, menurut data yang dikeluarkan oleh European Central Bank (ECB). Adapun uang yang beredar terus dipantau dengan harapan tidak memberi efek terhadap tingkat inflasi yang liar.

Tingkat pertumbuhan tahunan M3 pada November hanya 0,1 persen lebih rendah dari bulan sebelumnya, yang menunjukkan bahwa jumlah uang beredar kawasan euro terus berkembang dengan mantap.

 


(ABD)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

13 hours Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA