AS Ingin Perdagangan Global yang Adil dan Seimbang

Arif Wicaksono    •    Minggu, 19 Mar 2017 14:37 WIB
ktt g20
AS Ingin Perdagangan Global yang Adil dan Seimbang
Menteri Keuangan AS Steve Munchin. Dok : Reuters.

Metrotvnews.com, Berlin: Amerika Serikat (AS) tetap berkomitmen untuk perdagangan bebas tapi ingin memeriksa kembali beberapa perjanjian perdagangan internasional dan memperbaiki akses mereka terhadap perdagangan dunia. 

Hal ini dikatakan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin setelah pertemuan para menteri keuangan G20. Menteri keuangan dan kepala bank sentral dari 20 negara di dunia mengalami perpecahan dari tradisi selama beberapa dekade untuk mendukung perdagangan terbuka, kekalahan yang jelas untuk tuan rumah Jerman, yang telah berjuang untuk mempertahankan komitmen G20 pada masa lalu.

baca : G20 akan Memerangi Peretasan Sektor Perbankan Global

"Apa yang ada dalam komunike terakhir belum tentu relevan dari sudut pandang saya," kata Mnuchin dalam konferensi pers di Baden Baden setelah pertemuan pertamanya dengan kepala keuangan dari 20 ekonomi terbesar di dunia dikutip dari Reuters, Minggu 19 Maret 2017. 

Dia menambahkan bahwa ada perbedaan kepentingan antara semangat pada pemimpin negara dan kebijakannya. 

"Saya mengerti apa keinginan presiden dan kebijakan, dan saya menegosiasikan mereka dari sini," kata Mnuchin.

Dalam bentrokan terbesar pemerintahan baru AS dengan masyarakat internasional, menteri keuangan G20 kembali berjanji untuk menolak proteksionisme dan memelihara sistem perdagangan global yang terbuka dan inklusif.

"Kami percaya pada perdagangan bebas, kita berada di salah satu pasar terbesar di dunia, kami adalah salah satu mitra dagang terbesar di dunia, perdagangan telah baik bagi kami dan itu telah baik untuk orang lain," kata Mnuchin.

Dia menambahkan bahwa ada beberapa perjanjian internasional yang perlu ditinjau ulang oleh negera adidaya itu. 

"Karena itu, kami ingin memeriksa kembali perjanjian tertentu," kata Mnuchin, sembari menambahkan bahwa NAFTA harus ditinjau, beberapa aturan WTO perlu lebih ditegakkan dan beberapa perjanjian lama harus dinegosiasi ulang.

Meskipun pemerintah juga mengkaji regulasi keuangan, Mnuchin menjanjikan dukungan perjanjian untuk Basel III sebagai upaya global untuk mengatur pemberi pinjaman secara konsisten.

"Kami berharap akan ada resolusi dari Basel III/IV perubahan," kata Mnuchin.





(SAW)