Saham Tiongkok Naik karena Pergerakan Saham Lapis B

   •    Selasa, 18 Oct 2016 18:02 WIB
tiongkok
Saham Tiongkok Naik karena Pergerakan Saham Lapis B
Illustrasi. AFP PHOTO/Michal Cizek.

Metrotvnews.com, Shanghai: Saham-saham Tiongkok menguat pada Selasa 18 Oktober 2016 ini karena saham lapis B dalam mata uang dolar AS di Shanghai bergerak stabil setelah sehari sebelumnya mengalami aksi jual. Investor pun mengalihkan fokus mereka ke data ekonomi Tiongkok minggu ini.

Indeks saham-saham unggulan CSI300 naik 1,3 persen menjadi ditutup pada 3.321,33, sementara indeks komposit Shanghai bertambah 1,4 persen menjadi 3.083,88 poin. 

Pasar terseret lebih rendah pada kemarin karena kemerosotan tak terduga sore hari dalam indeks saham-B di tengah ketakutan depresiasi yuan, namun indeks melambung lebih dari dua persen pada hari ini karena investor menilai aksi jual misterius itu adalah berlebihan.

"Sejak kejatuhan pasar kemarin, terutama didorong oleh rasa takut, bukan fundamental, beberapa investor melihat ini sebagai kesempatan untuk membeli saham pada harga yang lebih rendah." Chang Chengwei, analis di Hengtai Futures Co dikutip dari Antara, Selasa (18/10/2016). 

Semua mata tertuju pada data ekonomi Tiongkok yang akan dirilis minggu ini, termasuk PDB, pinjaman baru, pasokan uang dan penjualan ritel, yang investor harapkan bisa melukiskan gambaran lebih jelas dari kesehatan ekonomi negara tersebut. 

Pada hari ini sebagian besar sektor naik, dengan  saham-saham infrastruktur dan industri memimpin keuntungan.

Saham China Railway melonjak sebanyak 10 persen, sementara saham China Communications Construction dan China Railway Construction keduanya sempat melonjak lebih dari delapan persen.



(SAW)