Warren Buffett: Jangan Meminjam Uang seperti Trump

Angga Bratadharma    •    Sabtu, 14 Apr 2018 16:06 WIB
ekonomi amerika
Warren Buffett: Jangan Meminjam Uang seperti Trump
Warren Buffet (FOTO: Adam Jeffery/CNBC)

New York: Warren Buffett memperingatkan para mahasiswa tentang bahaya menggunakan utang serta menggunakan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sebagai studi kasus negatif. Tidak ditampik, sejumlah langkah yang diambil Trump memunculkan pro dan kontra dari sisi ekonomi.

Buffett ditanya oleh seorang mahasiswa Notre Dame tentang masalah bisnis Trump pada 1991 silam, dalam sebuah sesi tanya-jawab. Saat itu, Kasino Trump's Atlantic City Taj Mahal mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 11.

"Di mana salah Donald Trump? Masalah besar dengan Donald Trump adalah dia tidak pernah benar. Dia pada dasarnya membayar lebih untuk properti, tapi dia punya orang untuk meminjaminya uang. Dia hebat dalam meminjam uang," kata Buffet, seperti dikutip dari CNBC, Sabtu, 14 April 2018.

"Jika Anda melihat asetnya, apa yang dia bayar untuk mereka? Dan apa yang dia pinjam untuk mendapatkannya, tidak pernah ada ekuitas nyata di sana," tambah Buffett, menurut sebuah transkrip yang diterbitkan oleh mantan manajer hedge fund Whitney Tilson.



"Saya telah melihat lebih banyak orang gagal karena minuman keras dan mereka yang meminjam uang. Donald Trump gagal karena itu. Dia hanya tergila-gila dengan berapa banyak uang yang bisa dia pinjam, dan dia tidak cukup memikirkan berapa banyak uang yang bisa dia bayar kembali," kata Buffet.

Pencinta investasi ini membahas tips dan kebijaksanaan investasi Oracle of Omaha yang tak lekang sebagai pendekatan pertemuan tahunan Berkshire Hathaway pada awal Mei. Diskusi tentang komentar Buffett pada 1991 tentang leverage dan Trump memperoleh daya tarik pada Rabu di media sosial.

Buffett juga mengatakan kepada para mahasiswa untuk menggunakan hidupnya sebagai model bagaimana cara sukses dalam bisnis dan investasi tanpa menggunakan banyak utang. Perlu pengawasan yang ketat jika mau berutang seiring dengan mitigasi risiko.

"Anda benar-benar tidak perlu berutang. Jika Anda pintar, Anda akan menghasilkan banyak uang tanpa meminjam. Aku tidak pernah meminjam sejumlah besar uang dalam hidupku. Tidak pernah. Tidak akan pernah. Aku tidak tertarik dengan itu," pungkasnya.

 


(ABD)