Langkah Bank Sentral Eropa Selamatkan Bank Italia

Angga Bratadharma    •    Sabtu, 05 Jan 2019 15:03 WIB
bank central eropaekonomi italiaekonomi eropaeropauni eropa
Langkah Bank Sentral Eropa Selamatkan Bank Italia
Ilustrasi (AFP/Daniel ROLAND)

Brussels: Bank sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) telah menunjuk administrator sementara untuk pemberi pinjaman Italia Banca Carige. Adapun kinerja Italia Banca Carige menjadi bermasalah akibat keputusan yang diambil setelah mayoritas anggota dewan bank mengundurkan diri.

ECB mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah menunjuk tiga administrator sementara dan komite pengawasan untuk menggantikan dewan direksi dan untuk mengambil alih Banca Carige. Langkah tersebut diharapkan bisa menyelesaikan sejumlah persoalan yang melanda Banca Carige.

"Pengunduran diri mayoritas dewan membuat instalasi administrasi sementara diperlukan untuk mengarahkan bank menstabilkan kinerjanya dan mengejar solusi yang efektif untuk memastikan stabilitas dan kepatuhan yang berkelanjutan," kata ECB, seperti dikutip dari CNBC, Sabtu, 5 Januari 2019.

ECB menunjuk Fabio Innocenzi, Pietro Modiano, dan Raffaele Lener sebagai administrator sementara bank. Administrator sementara ditugaskan menjaga stabilitas bank dengan memonitor situasinya secara cermat dan secara terus-menerus memberi tahu ECB.

"Dan jika perlu mengambil tindakan untuk memastikan bahwa bank mengembalikan kepatuhan dengan persyaratan modal secara berkelanjutan," kata ECB.

Saham pemberi pinjaman Italia lainnya turun setelah pengumuman, dengan UBI Banca turun 3,8 persen dan BPER Banca turun 3,4 persen. Sebelumnya, pengawas pasar Italia Consob mengatakan telah menangguhkan perdagangan saham Banca Carige selama sehari. Adapun Carige meminta penangguhan perdagangan sahamnya menjelang pernyataan tentang tata kelola.

Bank yang berbasis di Genoa bulan lalu gagal memenangkan dukungan pemegang saham untuk masalah saham senilai 400 juta euro (USD459 juta) yang merupakan bagian dari rencana penyelamatan yang dibiayai oleh pemberi pinjaman Italia untuk melindungi industri dari risiko kehancuran perbankan lain.

ECB yang mengawasi langsung bank terbesar ke-10 di Italia, telah memberitahu Carige untuk menyelesaikan rencana penguatan modalnya dan melakukan aksi korporasi berupa merger dengan mitra yang lebih kuat. ECB berharap persoalan di Carige bisa terselesaikan dengan baik.

 


(ABD)