Indeks Pembangunan Rumah AS Naik di Level Tertinggi

Angga Bratadharma    •    Selasa, 20 Sep 2016 16:52 WIB
ekonomi amerika
Indeks Pembangunan Rumah AS Naik di Level Tertinggi
Ilustrasi (REUTERS/Steve Marcus)

Metrotvnews.com, New York: Alat ukur pembangunan rumah pribadi di Amerika Serikat (AS) naik ke level terkuat secara tidak terduga di September ini, didorong oleh minat baru dalam pembelian rumah setelah mengalami jeda di musim panas.

National Association of Home Builders dan Wells Fargo menyatakan bahwa kepercayaan pengembang mengenai bangunan yang baru dibangun, utamanya rumah keluarga tunggal naik sebanyak 65 poin pada September atau lebih tinggi dibandingkan dengan revisinya di level 59 pada Agustus.

"Pendapatan rumah tangga meningkat, pengembang di banyak pasar melaporkan mereka melihat pembeli lebih serius (dalam membeli rumah). Ini tanda positif bahwa pasar perumahan terus bergerak maju," kata Ketua NAHB Ed Brady, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (20/9/2016)

Brady berharap situasi dan kondisi ini bisa terus berlanjut di masa-masa yang akan datang. Bahkan, perbaikan ekonomi AS diharapkan bisa mendukung pertumbuhan di sektor perumahan di AS, meski sebelumnya sektor ini mengalami perlambatan akibat ketidakpastian ekonomi.

"Pasar keluarga tunggal terus membuat keuntungan secara bertahap dan kami berharap momentum kenaikan ini akan terus terbangun di sepanjang sisa tahun ini dan tentunya di 2017 juga," tutur Brady, yang juga merupakan pengembang dari Bloomington, Illinois.

Sebuah kemajuan dalam penjualan rumah harus mendukung ekspansi ekonomi AS. Dan, hal ini bisa menjadi penyebab bagi Federal Reserve untuk menaikkan tingkat suku bunga acuan pada akhir 2016 ini. Namun, tetap ada risiko jika kenaikan tingkat suku bunga dilakukan secara cepat.


(ABD)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA