Bank Sentral Tiongkok Tidak Ubah Suku Bunga Acuan

Angga Bratadharma    •    Kamis, 15 Jun 2017 13:22 WIB
ekonomi chinationgkok
Bank Sentral Tiongkok Tidak Ubah Suku Bunga Acuan
Markas PBOC, di Beijing, Tiongkok (REUTERS/Jason Lee)

Metrotvnews.com, Shanghai: Bank sentral Tiongkok atau The People's Bank of China (PBOC) memutuskan untuk tidak mengubah tingkat suku bunga untuk operasi pasar terbuka. Keputusan itu diambil dengan mengabaikan kenaikan suku bunga yang dilakukan oleh Federal Reserve atau the Fed.

Mengutip Reuters, Kamis 15 Juni 2017, PBOC tidak menjelaskan alasannya untuk mempertahankan tingkat suku bunga acuan. Namun yuan berada pada pijakan yang lebih kuat dan kondisi likuiditas domestik jauh lebih ketat daripada di pertengahan Maret, ketika mengikuti kenaikan Fed Fund Rate (FFR) dalam beberapa jam.

Pasar telah terbagi atas apakah PBOC akan menaikkan suku bunga jangka pendek lagi atau tidak. Adapun hal itu tercatat bahwa tingkat suku bunga jangka pendek Tiongkok dan imbal hasil obligasi telah mengalami tren yang lebih tinggi.

Sebelumnya, PBOC menyuntikkan dana bersih sebesar 90 miliar yuan (USD13,25 miliar) ke dalam sistem keuangan melalui operasi pasar terbuka, dengan mengatakan bahwa hal itu dilakukan untuk melawan tekanan likuiditas dari pembayaran pajak musiman dan perjanjian pengembalian beli kembali yang matang.

Tingkat repo reverse tujuh hari tetap di 2,45 persen, tenor 14 hari pada 2,60 persen, dan tenor 28 hari pada 2,75 persen, PBOC mengatakan dalam sebuah pernyataan di situsnya. Suku bunga pinjaman dan suku bunga acuan satu tahun Tiongkok tetap tidak berubah sejak Oktober 2015.

Didorong oleh membaiknya pertumbuhan ekonomi, Tiongkok telah menyinggung suku bunga jangka pendek beberapa kali di awal tahun ini sebagai bagian dari dorongan yang lebih luas untuk mengurangi risiko dan pengaruh dalam sistem keuangan setelah bertahun-tahun stimulus diberi bahan bakar.

Tingkat pergerakan tersebut, meski sederhana, disertai dengan tindakan keras peraturan terhadap bentuk pembiayaan dan bayangan yang lebih berisiko, memperketat kondisi kredit dan mengakibatkan kurva obligasi Tiongkok membalik dalam beberapa bulan terakhir.

 


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

3 days Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA