Ekonomi AS Terus Menguat, Suku Bunga Acuan Dinilai Perlu Naik

Angga Bratadharma    •    Kamis, 13 Oct 2016 15:14 WIB
the fed
Ekonomi AS Terus Menguat, Suku Bunga Acuan Dinilai Perlu Naik
Gedung The Fed (REUTERS/Jason Reed)

Metrotvnews.com, New York: Beberapa suara dari para pembuat kebijakan di Federal Reserve atau the Fed menilai untuk adanya kenaikan tingkat suku bunga acuan secara segera jika ekonomi Amerika Serikat (AS) terus mengalami penguatan, meski ada keraguan tentang pergerakan inflasi. Sejauh ini, the Fed masih mempertahankan suku bunga acuannya.

"Beberapa anggota di the Fed menilai kondisi itu sesuai untuk menaikkan target kisaran Fed Fund Rate (FFR) yang relevan dengan situasi dan kondisi perekonomian AS," dalam sebuah pernyataan the Fed, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (13/10/2016).

Para investor bersemangat menunggu risalah pertemuan dari pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) sebelumnya yang akan dirilis setelah penutupan pasar. Analis mencatat bahwa investor percaya bahwa the Fed akan menaikkan suku bunga dari 0,50 ke 0,75 selama pertemuan FOMC Desember.

Baca: Fed Harus Pacu Kebijakan Moneter Capai Target Inflasi 2%

Menurut alat Fedwatch CME Group, probabilitas tersirat saat ini untuk menaikkan suku bunga dari 0,50 ke 0,75 adalah pada sembilan persen untuk pertemuan November 2016 dan 70 persen pada pertemuan Desember 2016. Indeks dolar AS naik 0,24 persen menjadi 97,94 pada pukul 19.00 GMT. Indeks adalah ukuran dari dolar terhadap sekeranjang mata uang utama.

Beberapa pihak percaya bahwa kondisi data tenaga kerja AS sudah mulai menguat dan tingkat inflasi bergerak relatif cepat. Hal itu membuat the Fed tidak perlu menunggu waktu terlalu lama untuk menaikkan tingkat suku bunga acuan. Tentu kenaikan itu dengan beberapa pertimbangan.

"Itu perlu dicatat bahwa argumen yang masuk akal bisa dibuat baik untuk peningkatan suku bunga pada pertemuan nanti atau masih menunggu beberapa informasi tambahan pada data tenaga kerja dan tingkat inflasi," pungkasnya.

 


(ABD)