Jerman Berharap IMF Tetap Ikut program Bailout Yunani

Angga Bratadharma    •    Jumat, 25 Nov 2016 08:39 WIB
imfekonomi yunaniyunani
Jerman Berharap IMF Tetap Ikut program <i>Bailout</i> Yunani
Logo IMF (REUTERS/Yuri Gripas)

Metrotvnews.com, Berlin: Jerman berharap Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) tetap di dalam program bailout Yunani dalam rangka memberikan evaluasinya mengenai upaya reformasi yang dilakukan oleh Athena. Sejauh ini, Yunani terus berupaya untuk keluar dari krisis yang tengah terjadi.

"Mengenai pembicaraan tentang kajian ulang kedua maka pembicaraan ditahan dalam cara yang sangat konstruktif. IMF sudah di jajaran dan mengambil bagian secara operasi (dalam program bailout Yunani)," kata juru bicara Departemen Keuangan Jerman Friederike von Tiesenhausen, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (25/11/2016).

Dalam hal ini, Jerman berharap IMF benar-benar ikut dalam program bailout Yunani. Keterlibatan IMF menjadi penting agar krisis yang tengah terjadi di Yunani bisa segera terselesaikan dan nantinya tidak merembet ke negara lain. Kondisi itu penting agar tidak memberikan tekanan terhadap ekonomi dunia.

Baca: IMF Kemungkinan Ikut Berpartisipasi dalam Program Pinjaman ke Yunani

"Ya, tentu saja (IMF diharapkan bisa ikut dalam program bailout Yunani)," kata Tiesenhausen, ketika ditanya apakah Pemerintah Jerman berharap IMF berada di jajaran dalam program bailout Yunani.

Von Tiesenhausen membantah laporan media bahwa beberapa Menteri Keuangan di zona euro dan pejabat IMF berencana untuk bertemu pada Jumat di Berlin untuk membahas bailout Yunani. Penghapusan utang untuk Yunani tidak akan dianggap sampai program bailout yang ada selesai pada 2018.


Logo IMF (REUTERS/Yuri Gripas)

Sebelumnya, Juru bicara IMF Gerry Rice, pada sebuah konferensi pers, mengungkapkan bahwa setiap keputusan tersebut akan tergantung dari diskusi yang sekarang sedang berlangsung di Athena antara IMF dengan otoritas Yunani. Termasuk pula diskusi paralel dengan pemberi pinjaman dari Eropa untuk Yunani.

Baca: Zona Euro bagi Bertahap Pinjaman ke Yunani

Namun demikian, Rice mencatat bahwa IMF tidak mengubah posisinya atas target fiskal untuk Yunani dalam program pinjaman Eropa saat ini -anggaran surplus primer 3,5 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) pada 2018- yang dinilai terlalu ambisius.

"IMF bisa mendukung program pinjaman dengan target surplus 1,5 persen dari PDB bersama dengan utang dan reformasi fiskal serta perbaikan ekonomi di Yunani," kata Rice.

 


(ABD)