Harga Minyak Brent Naik 1% ke USD48/Barel

Ade Hapsari Lestarini    •    Sabtu, 15 Jul 2017 10:49 WIB
minyak mentah
Harga Minyak Brent Naik 1% ke USD48/Barel
Ilustrasi minyak tambang. (FOTO: MTVN/M. Rizal)

Metrotvnews.com, New York: Pergerakan harga minyak mentah dunia menguat di akhir pekan ini. Harga minyak naik satu persen pada penutupan Jumat waktu setempat.

Penguatan ini didorong karena produsen minyak mentah AS menambah pasokan dari dua rig di pekan terakhir. Selain itu, permintaan minyak dari Tiongkok juga menguat, namun perdagangan bergejolak karena pasokan global tetap kuat.

Reuters melansir, Sabtu 15 Juli 2017, harga minyak mentah Brent berjangka LCOc1, patokan internasional untuk minyak, naik 49 sen atau sekitar 1 persen menjadi USD48,91 per barel.

Sementara harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) CLc1 menetap naik 46 sen atau 1 persen menjadi USD46,54 per barel. Minyak mentah AS telah naik lebih dari 5,2 persen untuk minggu ini, sementara Brent naik lebih dari 4,7 persen.

Laporan Administrasi Informasi Energi AS (EIA) mencatat persediaan minyak mentah AS turun 7,6 juta barel pekan lalu, penurunan mingguan terbesar dalam 10 bulan terakhir.

Adapun perusahaan energi AS menambahkan rig minyak untuk minggu kedua berturut-turut menurut data dari Baker Hughes, laju penambahan telah melambat ke level terendah tahun ini.

Produksi minyak di North Dakota turun 10.000 barel per hari di bulan Mei. Namun, stok minyak tetap nyaman di atas rata-rata lima tahun, dan harga di atas 15 persen di bawah harga tertinggi di 2017.


(AHL)