Harga Minyak Brent Menguat ke USD52/Barel

Ade Hapsari Lestarini    •    Jumat, 14 Oct 2016 08:45 WIB
minyak mentah
Harga Minyak Brent Menguat ke USD52/Barel
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Metrotvnews.com, New York: Harga minyak mentah dunia ditutup naik pada perdagangan Kamis waktu setempat setelah Pemerintah AS menunjukkan laporan produksi diesel dan bensin mengimbangi persediaan dalam enam minggu.

Reuters melansir, Jumat, 14 Oktober, pada awal perdagangan harga minyak sempat terpuruk ketika Administrasi Informasi Energi AS (EIA) mengatakan stok minyak mentah membengkak 4,9 juta barel dalam pekan yang berakhir pada 7 Oktober.

Namun demikian, harga minyak kembali bangkit karena pasar mengalihkan perhatiannya ke penarikan persediaan produk dalam data EIA. EIA melaporkan penurunan sebesar 3,7 juta barel untuk minyak sulingan, termasuk diesel dan minyak pemanas, serta penurunan 1,9 juta barel untuk bensin.

Harga minyak mentah berjangka Brent LCOc1 ditutup naik 22 sen atau setara 0,4 persen pada USD52,03 per barel. Sedangkan minyak mentah berjangka AS CLc1 berakhir 26 sen atau 0,5 persen ke level USD50,44 per barel.

Di sisi lain, dalam laporan terpisah, EIA mengatakan produksi minyak mentah AS rata-rata sebesar 8,7 juta barel per hari pada 2016 dibandingkan tahun lalu yang tercatat sebesar 9,4 juta barel per hari.

EIA menambahkan pertumbuhan permintaan minyak diperkirakan akan melambat menjadi 70.000 barel per hari pada tahun ini dari perkiraan sebelumnya sebesar 200.000 barel per hari.


(AHL)