Emas Dunia Naik Jelang Inggris Tinggalkan Uni Eropa

   •    Selasa, 21 Mar 2017 08:02 WIB
harga emas
Emas Dunia Naik Jelang Inggris Tinggalkan Uni Eropa
Ilustrasi (AFP/DEUTCHE BUNDESBANK)

Metrotvnews.com, Chicago: Emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange berakhir lebih tinggi pada Senin waktu setempat (Selasa WIB), karena investor terus mempersiapkan posisi mereka menjelang Inggris keluar dari Uni Eropa.

Mengutip Antara, Selasa 21 Maret 2017, kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman April mengalami kenaikan sebanyak USD3,8 atau 0,31 persen menjadi menetap di posisi sebesar USD1.234,00 per ounce.

Fokus pasar pada Senin terutama pada melemahnya USD di awal sesi perdagangan, tetapi pada pukul 17.00 GMT USD telah kembali posisinya dan positif, di mana titik fokus beralih ke potensi ketidakstabilan geopolitik yang dipicu oleh Brexit .

Investor juga hati-hati memantau komentar para pejabat Fed karena pasar terus bereaksi terhadap pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) minggu lalu. Banyak yang percaya Fed akan menaikkan suku bunga dari 1,00 ke 1,25 selama pertemuan FOMC Juni.

Menurut alat Fedwatch CME Group, probabilitas tersirat saat ini untuk menaikkan suku bunga dari 1,00 ke 1,25 mencapai enam persen pada pertemuan Mei dan 52 persen untuk pertemuan Juni, bersama dengan peluang kenaikan tiga persen ke tingkat 1,5.

Emas diletakkan di bawah tekanan karena Indeks USD naik 0,02 persen menjadi 100,34 pada pukul 17.10 GMT. Indeks adalah ukuran dari dolar terhadap sekeranjang mata uang utama. Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dolar naik maka emas berjangka akan jatuh karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih mahal bagi investor.

Dow Jones Industrial Average AS naik 20,51 poin atau 0,1 persen pada pukul 17.10 GMT. Analis mencatat bahwa ketika ekuitas membukukan kerugian maka logam mulia biasanya naik, karena investor mencari tempat yang aman. Sebaliknya, ketika ekuitas AS membukukan keuntungan maka logam mulia biasanya turun.

Perak untuk pengiriman Mei naik 2,5 sen atau 0,14 persen menjadi ditutup pada USD17,438 per ounce. Platinum untuk pengiriman April naik USD9,4 atau 0,98 persen menjadi ditutup pada USD972,40 per ounce.


(ABD)

Menko Darmin Jamin Indonesia Tidak Tambah Utang
Bank Dunia Dorong Investasi

Menko Darmin Jamin Indonesia Tidak Tambah Utang

1 hour Ago

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim dalam pidatonya berjanji bakal mengupayakan berbagai investasi…

BERITA LAINNYA