Penguatan Ekonomi Munculkan Keyakinan untuk Kenaikan Suku Bunga AS

Angga Bratadharma    •    Jumat, 25 Nov 2016 06:47 WIB
the fed
Penguatan Ekonomi Munculkan Keyakinan untuk Kenaikan Suku Bunga AS
Gedung The Fed (REUTERS/Joshua Roberts)

Metrotvnews.com, New York: Pembuat kebijakan di Federal Reserve atau the Fed tampak percaya diri pada malam pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) bahwa ekonomi mengalami penguatan yang cukup untuk menjamin kenaikan suku bunga acuan segera. The Fed masih melihat berbagai macam data ekonomi sebelum memutuskan untuk menaikkan suku bunga.

The Minutes merilis pandangan konsensus di Wall Street bahwa the Fed siap untuk menaikkan tingkat suku bunga acuan pada Desember. Pembuat kebijakan meninggalkan biaya pinjaman tidak mengalami perubahan pada awal bulan ini, hanya beberapa hari sebelum Donald Trump berjaya pada Pilpres AS.

Voting anggota komite tingkat pengaturan Fed melihat risiko yang sama bahwa ekonomi diperkirakan akan mengalami overshoot atau undershoot atas pertumbuhan ekonomi dan pasar tenaga kerja masih mengalami pengetatan. Tentu kondisi semacam ini menjadi perhatian untuk berhati-hati menaikkan suku bunga acuan.

"Hampir semua dari mereka terus menilai bahwa risiko jangka pendek terhadap prospek ekonomi kurang seimbang," menurut Minutes, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (25/11/2016).

Baca: BI: Fed Bisa Naikkan Suku Bunga hingga 3 Kali di 2017

Sebagian besar para pembuat kebijakan di the Fed mendukung untuk adanya kenaikan tingkat suku bunga pada saat ini. Namun, keputusan itu akan tergantung dari sejumlah data ekonomi AS dan bagaimana pertimbangan yang dilakukan oleh para pejabat the Fed pada pertemuan di Desember.


Gedung The Fed (REUTERS/Kevin Lamarque)

Sebelumnya, Donald Trump yang unggul dalam pemilihan Presiden AS tidak mengubah rencana Federal Reserve atau the Fed untuk menaikkan tingkat suku bunga acuan 'relatif segera'. Sejauh ini, the Fed masih mempertahankan tingkat suku bunga acuan di level yang rendah.

"Terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden AS tidak mengubah rencana Federal Reserve untuk kenaikan suku bunga 'relatif segera'," kata Ketua the Fed Janet Yellen.

Baca: Kenaikan Suku Bunga Acuan Dinilai Pasti Terjadi di Desember

Yellen menyatakan bahwa bank sentral AS akan mengubah beberapa proyeksi ekonomi yang memang diperlukan oleh pemerintahan baru untuk menggulung rencana kemungkinan ratusan miliar dolar dalam pemotongan pajak dan pengeluaran belanja pemerinta.

Baca: Pembuat Kebijakan Fed Yakin Dibutuhkan Kenaikan Suku Bunga Acuan

"Pasar telah melakukan antisipasi. Paket fiskal yang melibatkan sikap kebijakan ekspansif dan dalam konteks ini ekonomi beroperasi cukup beralasan karena dekat dengan tingkat tenaga kerja dan inflasi yang kembali menuju dua persen," pungkas Yellen.

 


(ABD)