Tiongkok Investasi USD14,6 Miliar untuk Ekonomi Digital

Ade Hapsari Lestarini    •    Kamis, 20 Sep 2018 07:07 WIB
ekonomi chinaekonomi digital
Tiongkok Investasi USD14,6 Miliar untuk Ekonomi Digital
Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id)

Hangzhou: Tiongkok akan menginvestasikan dana sebesar 100 miliar yuan (sekitar USD14,6 miliar) untuk mengembangkan ekonomi digital dalam lima tahun ke depan.

Investasi tersebut termasuk ke proyek-proyek pada big data, internet of things (IoT), komputasi awan, kota pintar, dan jalur sutra digital. Demikian seperti dilansir dari Xinhua, Kamis, 20 September 2018.

Adapun investasi tersebut tertuang dalam perjanjian yang ditandatangani oleh China Development Bank dan Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional saat Konferensi Internasional tentang Digital Ekonomi dan Jalur Sutra Digital yang dibuka pada Selasa waktu setempat.

Pengembangan ekonomi digital menjadi tugas utama dalam membangun pengaturan ekonomi modern di Tiongkok untuk mencapai pengembangan berkualitas tinggi.

Tiongkok telah mencapai kemajuan ekonomi digitalnya dalam beberapa tahun terakhir dengan cara meluncurkan serangkaian tindakan, termasuk membuat strategi big data nasional.

Sebuah laporan yang dirilis oleh Cyberspace Administration of China mengatakan bahwa ukuran ekonomi digital Tiongkok tumbuh menjadi 27,2 triliun yuan tahun lalu, naik 20,3 persen tahun ke tahun dan menyumbang 32,9 persen dari produk domestik bruto negara itu.

Konferensi Internasional Ekonomi Digital dan Jalur Sutra Digital digelar selama dua hari, di Hangzhou, kota yang indah di Provinsi Zhejiang Tiongkok timur, serta diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Zhejiang, di bawah naungan Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional dan Administrasi Cyberspace Tiongkok.

 


(AHL)


Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

1 day Ago

Pengalihan komando Pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam kepa…

BERITA LAINNYA