IMF: Perang Dagang Berpotensi Gagalkan Pemulihan Ekonomi Global

Ade Hapsari Lestarini    •    Selasa, 17 Jul 2018 16:13 WIB
imfPerang dagang
IMF: Perang Dagang Berpotensi Gagalkan Pemulihan Ekonomi Global
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Washington: Dana Moneter Internasional (IMF) mempertahankan ramalan pertumbuhan ekonomi globalnya untuk tahun ini dan tahun depan.

Selain itu, IMF juga memperingatkan meningkatnya ketegangan perdagangan yang dapat menggagalkan pemulihan ekonomi global.

Melansir dari Xinhua, Selasa, 17 Juli 2018, dalam laporan terbaru World Economic Outlook yang dirilis pada Senin, IMF mengatakan pertumbuhan ekonomi global diproyeksikan mencapai 3,9 persen pada 2018 dan 2019, sejalan dengan perkiraan sebelumnya pada April.

"Tapi ekspansi menjadi kurang merata, dan risiko terhadap proyeksi meningkat. Tingkat ekspansi tampaknya telah mencapai puncaknya di beberapa negara ekonomi utama dan pertumbuhan menjadi kurang tersinkronisasi," kata laporan itu.

IMF menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi negara-negara maju di 2018 menjadi 2,4 persen, 0,1 poin lebih rendah dari perkiraan April. Namun demikian, IMF mempertahankan pertumbuhan sebesar 2,2 persen di negara-negara tersebut untuk 2019.

Pertumbuhan di negara berkembang diproyeksikan akan menguat menjadi 4,9 persen pada 2018 sebelum mencapai 5,1 persen pada 2019, tidak berubah dengan perkiraan sebelumnya.

 


(AHL)