Dukung Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

Argentina Sambut Positif Pinjaman USD50 Miliar dari IMF

   •    Rabu, 13 Jun 2018 13:03 WIB
imf
Argentina Sambut Positif Pinjaman USD50 Miliar dari IMF
Ilustrasi (AFP PHOTO/Andrew CABALLERO-REYNOLDS)

Buenos Aires: Presiden Argentina Mauricio Macri mengatakan perjanjian pinjaman sebesar USD50 miliar dengan Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) menawarkan hal positif terhadap ekonomi Argentina. Diharapkan, pinjaman tersebut bisa dimaksimalkan guna pembangunan ekonomi di masa yang akan datang.

Macri membuat pernyataan itu selama tur ke pabrik pembuatan pasta di Tortuguitas, 40 km sebelah utara Ibu Kota Buenos Aires. Macri mengatakan pinjaman dengan waktu 36 bulan akan berfungsi sebagai pondasi untuk memperkuat apa yang telah dilakukan selama dua tahun dan empat bulan terakhir, yang menekankan pada budaya kerja.

"Kami yakin bahwa kami berada di jalan yang benar," kata Macri, seperti dikutip dari Xinhua, Rabu, 13 Juni 2018, seraya menambahkan bahwa Argentina perlu melihat pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan selama 20 tahun mendatang guna mencapai tingkat pembangunan yang diimpikan.



"Kita semua layak dan kita sedang membangun bersama," tambah Macri.

Pembiayaan dari IMF akan tersedia mulai 20 Juni ketika kesepakatan antara kedua belah pihak mulai berlaku dengan pencairan awal sebesar USD15 miliar atau hampir 30 persen dari jumlah total. Negosiasi untuk perjanjian itu telah memicu protes di Argentina karena banyak yang ingat langkah penghematan yang diminta IMF sebagai bagian dari perjanjian pinjamannya.

Adapun pinjaman yang dilakukan saat ini terkait komitmen Pemerintah Argentina untuk mengecilkan target defisit primer menjadi 1,3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) pada 2019, dan menyeimbangkan neraca fiskal sepenuhnya pada 2020.

 


(ABD)