Kuartal III-2016

Konsumen dan Ekspor Perkuat Otot Ekonomi AS

Angga Bratadharma    •    Rabu, 30 Nov 2016 11:18 WIB
ekonomi amerika
Konsumen dan Ekspor Perkuat Otot Ekonomi AS
Ilustrasi (REUTERS/Mike Blake)

Metrotvnews.com, Washington: Ekonomi Amerika Serikat (AS) tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan pada kuartal III-2016, mencetak hasil kinerja terbaik dalam dua tahun terakhir. Kondisi itu didukung oleh belanja konsumen yang kuat dan lonjakan ekspor kedelai.

Mengutip Reuters, Rabu 30 November, dalam sebuah laporan terpisah, harga rumah AS mengalami kenaikan sebanyak 5,5 persen hingga Septmber 2016 ini. Artinya harga rumah secara keseluruhan sekarang ini telah sepenuhnya pulih dari kejatuhan selama krisis keuangan di 2008.

Baca: Data AS Mulai Bergerak Menguat

Laporan lainnnya menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen AS mengalami rebound pada November ke level tertinggi dalam sembilan tahun terakhir. Hal itu diperkirakan meski ketidakpastian ekonomi masih terjadi akibat rencana kebijakan Presiden AS terpilih Donald Trump.

Baca: Penjualan Melalui Online Naik saat Thanksgiving

Harga saham AS sedikit lebih tinggi setelah beberapa data ekonomi keluar, dengan indeks S&P mengalami kenaikan sekitar 6,0 persen sejak Pilpres 8 November lalu. Hasil US Treasury berakhir sedikit lebih rendah, dan telah membantu untuk mendorong USD hingga ke tingkat tertinggi dalam lebih dari satu dekade terhadap mata uang utama DXY.


Bendera Amerika Serikat (REUTERS/Molly Riley)

Pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal ketiga di 2016 ini direvisi mengalami kenaikan. Hal itu karena pengeluaran konsumen berkembang lebih cepat dari yang dilaporkan sebelumnya. Tentu ada harapan agar ekonomi AS bisa tumbuh lebih maksimal di masa-masa mendatang.

Baca: Ekonomi AS Melaju Lebih Cepat

Ekonomi tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 3,2 persen pada kuartal ketiga tahun ini, lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya sebesar 2,9 persen dan pertumbuhan kuartal kedua 1,4 persen, menurut data yang dirilis oleh Departemen Perdagangan AS, Selasa.

 


(ABD)