Lufthansa Batalkan 35 Penerbangan Akibat Aksi Mogok Kerja

Angga Bratadharma    •    Selasa, 29 Nov 2016 08:18 WIB
pesawat lufthansa
Lufthansa Batalkan 35 Penerbangan Akibat Aksi Mogok Kerja
Pesawat Lufthansa (REUTERS/Ralph Orlowski)

Metrotvnews.com, Frankfurt: Maskapai terbesar Jerman Lufthansa (LHAG.DE) telah membatalkan sebanyak 35 penerbangan pada Minggu lalu. Pembatalan penerbangan itu sebagai dampak dari empat hari pemogokan oleh pilot terkait pembayaran dan diharapkan kondisi ini tidak berlangsung lama.

Tambahan pembatalan diumumkan oleh maskapai atas jumlah penerbangan dengan alasan pemogokan kerja yang dimulai beberapa waktu lalu dan memberi kerugian kepada sebanyak 350.000 penumpang. Tentu kondisi ini sangat disayangkan karena masyarakat yang terkena dampak buruknya.

"Hampir semua penerbangan akan beroperasi sesuai dengan jadwal pada esok. Namun, sebanyak 35 penerbangan dibatalkan karena ada pemogokan pada hari-hari sebelumnya," kata Lufthansa, dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (29/11/2016).

Baca: Lion Air Gandeng Lufthansa untuk Perawatan Pesawat

Seorang juru bicara membantah adanya kaporan bahwa penerbangan itu dianggap sebagai kebangkrutan dan upaya untuk melepaskan diri dari perjanjian atas pembayaran yang mahal kepada para pilot. Perusahaan terus berupaya memberikan pelayanan yang memadai kepada masyarakat.

Pada beberapa waktu lalu, serikat pekerja Lufthansa melakukan pemogikan kerja dan mereka memberikan ancaman untuk memperluas aksi tersebut. Hal ini sedikit banyak memberikan kerugian kepada masyarakat, utamanya para pengguna penerbangan.

"Kita perlu menegosiasikan tawaran. Jika tidak ada maka akan selalu dapat teguran tambahan," kata Anggota Dewan Pilots Union VC Joerg Handwerg.
(ABD)