Harga Minyak Dunia Melompat 3%

Ade Hapsari Lestarini    •    Kamis, 22 Sep 2016 07:59 WIB
minyak mentah
Harga Minyak Dunia Melompat 3%
Ilustrasi. (FOTO: Reuters)

Metrotvnews.com, New York: Harga minyak mentah dunia menguat sebesar tiga persen pada perdagangan Rabu waktu setempat. Kenaikan ini terjadi setelah adanya penurunan stok minyak mentah AS mingguan ketiga secara mengejutkan sehingga memberikan prospek tingginya permintaan di konsumen minyak terbesar di dunia.

Reuters melansir, Kamis, 22 September, minyak minyak mentah berjangka LCOc1 alias Brent ditutup naik 95 sen atau dua persen menjadi USD46,83 per barel. Sementara minyak mentah CLc1 AS West Texas Intermediate (WTI) naik USD1,29 per barel atau 2,9 persen, untuk menetap di USD45,34 per barel.

Kondisi dolar Amerika Serikat yang setelah Federal Reserve meninggalkan suku bunga AS tidak berubah, turut mendukung kenaikan harga minyak mentah karena diperdagangkan dalam mata uang dolar AS. Faktor pendukung kenaikan lainnya adalah pemogokan pekerja minyak di Norwegia, yang mengancam akan memangkas produksi produksi minyak mentah di Laut Utara.

Selain itu, harga melonjak setelah Energy Information Administration (EIA) AS tertegun ketika persediaan minyak mentah turun 6,2 juta barel pekan lalu. Adapun stok minyak mentah AS telah merosot hingga 14,5 juta barel ketika terganggu badai ke Gulf Coast AS. Ini adalah penurunan mingguan terbesar sejak 1999.

Anggota non-OPEC juga telah meningkatkan produksi, di mana produksi minyak Rusia telah mencapai rekor tertinggi di atas 11 juta barel per hari. Bagaimana pun, beberapa pedagang mengatakan stok minyak mentah AS masih tinggi dan harga minyak bisa kembali tertekan.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA