The Fed Diperkirakan Pangkas Proyeksi Kenaikan Suku Bunga AS

Angga Bratadharma    •    Selasa, 20 Sep 2016 13:45 WIB
the fed
The Fed Diperkirakan Pangkas Proyeksi Kenaikan Suku Bunga AS
Gedung The Fed (REUTERS/Kevin Lamarque)

Metrotvnews.com, New York: Para pembuat kebijakan di Federal Reserve atau the Fed diperkirakan pada pekan ini untuk kembali memangkas proyeksi mengenai tingginya kenaikan tingkat suku bunga. Sebab, hal itu membutuhkan output dari perekonomian, produktivitas, dan gerak inflasi yang tumbuh lebih lambat dibandingkan dengan dekade terakhir.

Ini akan menjadi kali keempat dalam 15 bulan bahwa bank sentral Amerika Serikat (AS) telah dipaksa untuk mengakui bahwa tingkat estimasi kenaikan berada pada tingkat normal dan terlalu optimistis, yang memunculkan pertanyaan tentang kesehatan ekonomi di masa-masa mendatang.

Saat ini, the Fed masih bersikeras menetapkan tingkat suku bunga di level rendah dan neraca keuangan yang besar atas obligasi berkelanjutan yang diharapkan bisa mendorong perekonomian. Beberapa pejabat the Fed menyarankan untuk memotong prediksi atas kenaikan suku bunga jangka panjang pada minggu ini di pertemuan kebijakan moneter.

Menurut jajak pendapat yang diselenggarakan Reuters kepada para ekonom menunjukkan bahwa the Fed diperkirakan akan mempertahankan tingkat suku bunga acuan pada pertemuan 20-21 September. Adapun kondisi itu terjadi dengan melihat situasi dan kondisi ekonomi terkini.

Pengurangan ekspektasi kenaikan suku bunga diharapkan terjadi. Semakin rendah perkiraan tersebut terkait pengetatan kebijakan maka kian membenarkan keputusan yang sudah terjadi berulang-ulang mengenai penundaan kenaikan tingkat suku bunga.

"Mereka (the Fed) tidak jauh dari mode pengetatan. Itu untuk kesabaran lebih besar karena risiko jatuh dengan tingkat inflasi yang lebih rendah dan tidak menjadi ambil bagian untuk kenaikan tingkat suku bunga," kata Founder of Macro Insight Group and a Former Senior Analyst at the New York Fed Shehriyar Antia, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (20/9/2016).

The Fed sampai sekarang ini belum menaikkan tingkat suku bunga. Namun, tidak ditampik ada sinyal kenaikan suku bunga pada Desember di 2016 ini. Akan tetapi, pembuat kebijakan the Fed menyatakan penuaan populasi AS dan penurunan pertumbuhan produktivitas telah menguras potensi ekonomi dan membuat kekhawatiran atas kenaikan suku bunga terlalu cepat.


(ABD)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA