2018, Bank Dunia Memperingatkan Risiko Pertumbuhan Ekonomi di Timur Tengah

Angga Bratadharma    •    Jumat, 12 Jan 2018 13:05 WIB
bank duniaekonomi dunia
2018, Bank Dunia Memperingatkan Risiko Pertumbuhan Ekonomi di Timur Tengah
Ilustrasi (FOTO: Cairo Post)

Dubai: Kelompok Bank Dunia atau World Bank yang berbasis di Washington mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi di Timur Tengah dan Afrika Utara diproyeksikan akan terus terpengaruh oleh risiko geopolitik pada 2018. Perlu ada kewaspadaan agar risiko tersebut tidak memberikan efek negatif berlebihan terhadap perekonomian.

"Risiko terhadap prospek, sementara bervariasi antara eksportir minyak dan importir, umumnya berada di sisi negatifnya," Bank Dunia mengatakan dalam sebuah laporan baru berjudul "Prospek Ekonomi Global", seperti dikutip dari Xinhua, Jumat, 12 Januari 2018.

Bank Dunia menambahkan, risiko geopolitik tetap tinggi, dan dipersulit oleh berbagai ketegangan diplomatik intra-regional. Pada Juni 2017, Bahrain, Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dan ekonomi dengan Qatar. Tidak ditampik, kondisi ini bisa memberikan efek terhadap ekonomi di Timur Tengah.

"Semua jalur perjalanan darat dan udara dari negara-negara yang terlibat ke Qatar ditutup dan pinjaman bank ke Qatar dibatasi," kata laporan tersebut.

Akibatnya, pertumbuhan di wilayah Afrika Utara diperkirakan telah turun tajam menjadi 1,8 persen pada 2017 dari lima persen pada tahun sebelumnya, yang disumbangkan oleh deselerasi pertumbuhan sektor yang dipimpin oleh hidrokarbon di antara eksportir minyak regional.

Selain itu, harga minyak global yang lebih lemah dari perkiraan mungkin akan mendongkrak prospek pertumbuhan eksportir minyak wilayah Afrika Utara. Pada risiko naik, Bank Dunia mengatakan kepercayaan investor jangka panjang didukung oleh reformasi terhadap akses investasi asing dan pengembangan pasar modal.


(ABD)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

3 days Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA