Tenaga Kerja Amerika Serikat Meningkat di Februari 2018

   •    Sabtu, 10 Mar 2018 14:03 WIB
tenaga kerjalapangan pekerjaanekonomi amerika
Tenaga Kerja Amerika Serikat Meningkat di Februari 2018
Ilustrasi (FOTO: AFP)

New York: Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat (AS) menungkapan perekonomian menambahkan 313 ribu pekerjaan pada Februari dan perolehan itu menghancurkan ekspektasi. Sedangkan tingkat pengangguran tetap sebesar 4,1 persen yang dapat membantu mengatasi kekhawatiran inflasi.

Ekonom yang disurvei memperkirakan pertumbuhan gaji sebesar 200 ribu dan tingkat pengangguran turun sepersepuluh persen menjadi empat persen. Kenaikan tingkat partisipasi angkatan kerja membantu mempertahankan jumlah pengangguran utama tetap stabil, karena jumlah mereka yang dihitung.

Ukuran terpisah yang memperhitungkan orang-orang dari angkatan kerja dan setengah menganggur -kadang-kadang disebut sebagai tingkat pengangguran sebenarnya- bertahan stabil pada 8,2 persen.

Pekerjaan konstruksi memimpin, dengan 61 ribu posisi baru, diikuti oleh layanan ritel dan profesional dan bisnis (masing-masing 50 ribu), manufaktur (31 ribu) dan kegiatan keuangan (28 ribu). Perawatan kesehatan bertambah 19 ribu sementara pertambangan melihat 9.000 lapangan kerja baru.

"Kondisi pekerjaan tetap utuh, dan ini menandai tahun yang luar biasa," kata Wakil Presiden Strategi Investasi E*Trade Mike Loewengart, seperti dikutip dari CNBC, Sabtu, 10 Maret 2018.

Investor mengamati laporan tersebut dengan saksama tidak hanya untuk petunjuk tentang pertumbuhan lapangan kerja, tetapi juga apakah tekanan upah terus berlanjut. Pertumbuhan upah datang kurang dari yang diharapkan, naik 0,1 persen untuk bulan ini dan 2,6 persen secara tahunan.

 


(ABD)