Kenaikan Harga Minyak Kedelai jadi Katalis Positif CPO

   •    Kamis, 08 Feb 2018 17:20 WIB
cpo
Kenaikan Harga Minyak Kedelai jadi Katalis Positif CPO
Ilustrasi kedelai. (FOTO: ANTARA/Siswowidodo)

Jakarta: Kenaikan harga minyak sawit berpotensi berlanjut pada perdagangan Kamis waktu setempat seiring solidnya pergerakan harga minyak nabati lainnya, serta melemahnya mata uang ringgit.

Mengutip hasil analisa Monex Investindo Futures, Kamis, 8 Februari 2018, penguatan harga CPO mungkin akan terbatas mengingat masih adanya sentimen lemahnya permintaan untuk minyak sawit.

Kemarin, nilai kontrak minyak sawit April di Bursa Malaysia Derivatives Exchange berakhir naik 0,6 persen di level 2.485 ringgit per ton, setelah sempat naik sebesar 1,6 persen ke level 2.510 ringgit yang merupakan level tertinggi sejak 30 Januari karena mengikuti pergerakan harga minyak nabati lainnya.

Nilai kontrak minyak kedelai Maret di Chicago Board of Trade berakhir naik 0,2 persen pada perdagangan Rabu, ditopang oleh aksi beli dan optimistis bahwa parlemen di AS mungkin akan segera memperbaharui kredit pajak biodiesel menjadi USD1 per galon.

Penguatan tersebut juga ditopang oleh cuaca kering yang menghambat hasil panen di Argentina dan hujan lebat yang memperlambat panen di Brasil. Di Dalian Commodity Exchange, nilai kontrak berjangka minyak kedelai bulan Mei juga berakhir lebih tinggi 0,5 persen.

Pergerakan mata uang ringgit pukul 11.30 WIB terpantau melemah 0,4 persen di level 3,9260 per dolar AS. Ringgit yang melemah akan membuat harga minyak sawit menjadi lebih murah untuk pemilik mata uang lainnya.

Berdasarkan hasil survei, jumlah pengiriman minyak sawit dari Malaysia diperkirakan akan turun delapan persen di Januari menjadi 1,31 juta ton. Sementara itu untuk cadangan akhir Januari diperkirakan akan naik 0,6 persen menjadi 2,75 juta ton.

Harga minyak sawit terlihat akan naik dalam jangka pendek dengan target resisten terdekat terlihat di 2.500, break di atas level tersebut dapat memicu kenaikan lebih lanjut untuk menguji level resisten selanjutnya di 2.520.

Sedangkan untuk sisi bawahnya, level support terdekat berada di 2.460, break di bawah zona tersebut dapat mendorong penurunan lanjutan menuju ke level 2.430.


(AHL)


BUMN Siap Bersinergi Bangun Kemandirian Pesantren

BUMN Siap Bersinergi Bangun Kemandirian Pesantren

1 day Ago

Menteri BUMN Rini M Soemarno menyatakan perusahaan milik negara di Indonesia siap bersinergi me…

BERITA LAINNYA