Investasi Bisnis Meningkatkan Perekonomian Australia

Angga Bratadharma    •    Kamis, 07 Dec 2017 15:05 WIB
australia
Investasi Bisnis Meningkatkan Perekonomian Australia
Ilustrasi (AFP/William WEST)

Canberra: Perekonomian Australia tumbuh 0,6 persen pada kuartal III-2017. Kondisi itu terjadi karena investasi bisnis meningkat meski pengeluaran rumah tangga lemah, yang mencerminkan perbedaan di antara kedua segmen tersebut.

Ekspansi triwulanan membuat tingkat pertumbuhan tahunan menjadi 2,8 persen dan terbilang sehat, sedikit di bawah ekspektasi namun secara luas sesuai dengan perkiraan bank sentral, ditunjukkan oleh angka Statistik Biro Statistik Australia.

"Hasil pertumbuhan solid 0,6 persen pada laporan keuangan kuartal di September telah mempercepat pertumbuhan dari 1,9 persen menjadi 2,8 persen sepanjang tahun," kata Bendahara Scott Morrison, kepada wartawan, seperti dikutip dari AFP, di Canberra, Kamis, 7 Desember 2017.

Ini di atas rata-rata Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) dan menempatkan Australia kembali ke puncak keemasan untuk ekonomi maju utama di seluruh dunia. Pembacaan triwulan sebelumnya sebesar 0,8 persen direvisi naik jadi 0,9 persen, memperpanjang pertumbuhan ekonomi Australia yang tidak terganggu jadi 26 tahun tanpa resesi.

Kepala ekonom ABS Bruce Hockman mengatakan ekspansi triwulanan didorong oleh peningkatan aktivitas baik investasi bisnis swasta maupun infrastruktur publik. Sebanyak 17 dari 20 industri mencatat pertumbuhan positif, dipimpin oleh layanan profesional, ilmiah dan teknis, perawatan kesehatan dan bantuan sosial, dan sektor manufaktur.

"Sementara upah meningkat selama tiga bulan, konsumsi rumah tangga melemah pada 0,1 persen, yang menyebabkan kenaikan rasio tabungan untuk pertama kalinya dalam lima kuartal, pungkas Hockman.


(ABD)