Trump Pertimbangkan Tarif Pajak Perusahaan jadi 22%

Angga Bratadharma    •    Rabu, 06 Dec 2017 14:07 WIB
pajakekonomi amerika
Trump Pertimbangkan Tarif Pajak Perusahaan jadi 22%
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (AFP PHOTO/SAUL LOEB)

Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyarankan bahwa dia mungkin bersedia untuk menegosiasikan perubahan pada porsi yang signifikan dari perombakan pajak dan tingkat pajak perusahaan. Trump menyuntikkan unsur ketidakpastian ke dalam rencana pajak hanya beberapa jam setelah dia membersihkan Senat.

Mengutip CNBC, Rabu, 6 Desember 2017, Trump mengatakan kepada wartawan di Gedung Putih sebelum melakukan perjalanan ke Kota New York bahwa dia akan mempertimbangkan untuk menetapkan tingkat pajak perusahaan sebesar 22 persen, dibandingkan dengan tingkat 20 persen yang telah dia dorong dengan House and Senate Republicans selama musim gugur.

Menunjuk pada pembicaraan yang diharapkan antara negosiator House dan Senate bulan ini, Trump meramalkan sesuatu yang indah akan keluar dan pajak bisnis akan datang jauh-jauh dari 35 sampai 20 persen. Bisa jadi 22 persen ketika keluar, tapi bisa juga 20 persen. Tinggal menunggu waktu melihat apa yang akhirnya akan keluar.



Trump berbicara setelah Senat menyetujui tagihan pajak sebesar USD1,5 triliun pada Sabtu dini hari yang akan menulis ulang kode pajak negara tersebut, mengurangi tingkat suku bunga, dan memangkas tarif pajak perusahaan dari 35 persen menjadi 20 persen yang dimulai pada 2019.

Jika diundangkan, tagihan tersebut akan memberikan penyapuan paling besar, perubahan sistem pajak dalam tiga dekade dan membantu Trump memberikan kemenangan legislatif besar pertama dari kepresidenannya. Tentu kesemuanya itu akan melalui sejumlah proses yang teramat panjang.

Saran Trump tentang tingkat pajak perusahaan yang lebih tinggi daripada yang telah dimasukkan ke dalam undang-undang yang disetujui oleh DPR dan Senat menunjukkan sebuah tantangan setelah pejabat presiden dan pemerintahan mempertahankan garis keras bahwa tingkat perusahaan yang lebih tinggi dari 20 persen adalah bukan untuk pemula.

 


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA